Selasa, Oktober 04, 2011

Dinas Dukcapil DKI Pesimis Target e-KTP Terpenuhi

JAKARTA, M86 - Akhirnya target 100 hari untuk menyelesaikan data kependudukan guna pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak bisa terpenuhi. Hal itu dibenarkan Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, mengaku hingga kini, petugas di lapangan, masih saja menemui kendala terutama terkait peralatan pembuatan KTP elektronik di sejumlah kantor kelurahan serta permasalahn lainnya. Karenanya, Dinas Dukcapil DKI Jakarta pun pesimis.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Purba Hutapea mengatakan, hingga saat ini, masih ada sejumlah kantor kelurahan di Jakarta yang belum menerima peralatan perekan e -KTP secara lengkap, sehingga mengganggu proses pelayanan maupun stabilitas jaringan. "Ada beberapa kelurahan yang hanya memiliki beberapa alat perekam e-KTP. Ini jelas memperlambat target pencapaian 100 hari," ujar Purba, seperti dilansir (4/10).

Dijelaskannya, kerusakan peralatan itu sangat mengganggu target yang telah direncanakan, terutama pada kelurahan yang memiliki penduduk di atas 30 ribu jiwa. "Alat yang kurang, serta rendahnya kesadaran masyarakat dalam proses perekaman pendataan e-KTP menjadi salah satu penyebab kami pesimis akan target tersebut," kata Purba.

Selain itu, sambungnya, alat pemindai yang saat ini berada di kantor kelurahan juga banyak dalam keadaan rusak. Hal ini tentu saja menjadi masalah baru. Sebab, untuk satu kelurahan saja misalnya, petugas harus menyelesaikan 100 sampai 150 undangan dengan catatan warga yang diundang datang semua.

"Bila penduduknya 30 ribu jiwa, maka mereka mendapatkan 150 undangan per hari dan baru selesai selama 200 hari. Namun, jika penduduknya berjumlah 60 ribu jiwa seperti di Semperbarat, Kalibaru, dan Lagoa bisa diselesaikan dalam waktu 400 hari," ucap Purba.

Menurut Purba, hingga 1 Oktober, warga Jakarta yang sudah mengikuti perekaman data e-KTP mencapai 667.036 pemohon. Rinciannya, Jakarta Utara sebanyak 59.119 orang, Jakarta Barat 201.723, Jakarta Pusat 109.164, Jakarta Timur 136.118, Jakarta Selatan 156.388, dan Kepulauan Seribu 4.524. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails