Selasa, Agustus 02, 2011

Pengamanan Ditingkatkan, Calo "Tiarap"

JAKARTA, M86 — Pemandangan di Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta Pusat, pada Selasa (2/8) siang tampak berbeda. Calo-calo tiket yang biasanya mendekati penumpang secara blak-blakan tak terlihat lagi batang hidungnya. Sejumlah penumpang yang ditemui di kedua stasiun tersebut mengungkapkan, hilangnya para calo tiket di tengah kerumunan calon penumpang itu diduga karena bertambahnya petugas keamanan yang berjaga-jaga di stasiun.

"Tidak tahu pada ke mana calonya. Mungkin lagi 'tiarap' karena banyak petugasnya," kata Yeni di Stasiun Senen, Selasa (2/8).

Saat ditemui, Yeni bersama tiga teman wanita sekampungnya sedang beristirahat di loket selatan Stasiun Senen. Karena kelelahan setelah seharian menempuh perjalanan dari Palembang, Sumatera Selatan, mereka sengaja mencari calo untuk mendapatkan tiket KA.

"Enggak kuat ngantre, Mas. Seharian di perjalanan, sejak kemarin," ucapnya seraya mengatakan bahwa sekitar pukul 12.00 siang tadi dia baru sampai di tempat tersebut.

Kepala Stasiun KA Senen Yuskal Setiawan mengatakan, pihaknya sengaja meningkatkan pengamanan stasiun guna mengantisipasi gangguan terhadap aktivitas penumpang jelang Lebaran. "Termasuk untuk menghilangkan para calo," kata Yuskal.

Dalam pantauan Kompas.com, penjagaan itu dilakukan oleh petugas keamanan stasiun, polisi khusus (polsus), dan aparat kepolisian. Polsus juga ditugaskan untuk mengarahkan penumpang terkait prosedur pengisian formulir pemesanan tiket.

Yuskal menilai, hilangnya para calo itu kemungkinan juga disebabkan adanya iming-iming berupa hadiah uang bagi orang yang bisa membuktikan adanya calo. "Mudah-mudahan karena itu juga," tambahnya.

Yuskal juga berharap, masyarakat dan media dapat memberikan laporan mengenai praktik-praktik yang melanggar hukum dalam perkeretaapian untuk memperbaiki kinerja mereka. Berkat masukan dari masyarakat tersebut, kata Yuskal, pihaknya kini juga menyediakan outlet penjualan tiket di luar stasiun untuk menghindari antrean panjang calon penumpang di loket stasiun.

"Itu juga masukan yang kami terima. Dulu antreannya bisa sampai dekat gerbang masuk. Sekarang cuma beberapa meter," katanya.

Dalam pengamatan di lapangan, panjangnya antrean pembeli tiket di loket selatan Stasiun Senen sekitar pukul 15.00 mencapai belasan meter. Mereka adalah calon penumpang ke arah Jawa Timur dan Jawa Tengah. (nez)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails