Jumat, Juli 22, 2011

Operasi Patuh Jaya Mampu Tekan Laka Lantas

JAKARTA, M86 - Operasi Patuh Jaya 2011 yang akan berakhir 24 Juli nanti, dinilai efektif menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan kematian korbannya. Walaupun belum masih sulit untuk mengharapkan masyarakat untuk tertib lalu lintas selamanya. Sebab, infrastruktur jalan masih banyak yang belum memadai untuk mendukung tertib lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa menyatakan hal itu ketika dimintai tanggapannya seputar efektivitas Operasi Patuh Jaya 2011, Jumat (22/7) siang.

"Kalau parameter tingkat kecelakaan, terbukti operasi ini dapat menurunkan angka kematian korban. Ini dimungkinkan, walaupun memang harus dikaji lagi, karena ada operasi lalu lintas, pengguna jalan menjadi lebih hati-hati dan tertib, sehingga mengurangi kecelakaan," katanya.

Berdasarkan data yang ada, selama 11 hari (11/7 - 21/7) berlangsung OPJ, tercatat 193 kali kecelakaan lalu lintas, dengan koban mencapai 216 orang. Dari jumlah korban itu, yang meninggal dunia mencapai 20 orang.

Selama enam bulan pertama tahun 2011 ini, rata-rata kecelakaan lalu lintas mencapai 660 kasus per bulan atau 165 kali per minggu. Pada periode itu juga, korban tewas mencapai 603 kali atau 3,35 tewas. "Artinya, korban meninggal rata-rata per harinya menjadi kurang dari dua orang. Padahal, biasanya per hari korban meningal dunia sia-sia karena kecelakaan lalu lintas minimal tiga orang," katanya.

Namun demikian, lanjut Rolyke, masih sulit untuk menekan angka kecelakaan atau meningkatkan kesadaran untuk tertib berlalu lintas seterusnya. Sebab, harus diakui, masih banyak kondisi infrastruktur jalan yang masih belum memadai. Apalagi, personel untuk melakukan operasi ini pun tidak ada atau tidak tersedia selamanya. Sebab, untuk melakukan operasi, mau tidak mau Direktorat Lalu Lintas mengerahkan personel dari bagian lainnya, sehingga ada tugas-tugas rutin lain yang ditinggalkan karena harus melakukan operasi. Yang, tugas rutin itu tidak bisa ditinggalkan terlalu lama.

" Jadi, berat kalau kami harus sering operasi atau memperpanjang operasi khusus seperti OPJ ini. Tujuan OPJ ini sesunguhnya untuk mengingatkan dan meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas, yang diharapkan masyarakat seterusnya akan patuh dan tertib peraturan berlalulintas," katanya. (dya/kcm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails