Kamis, Juni 23, 2011

Berdiri Tanpa Izin, DPRD Desak Foke Bubarkan Greenpeace

JAKARTA, M86 - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mendesak Gubernur Fauzi Bowo menindak tegas keberadaan Greenpeace. Soalnya, selama menjalankan kegiatannya di Jakarta, Greenpeace tidak memiliki izin alias ilegal.

"Greenpeace sebagai LSM terbukti tidak terdaftar di Pemprov DKI Jakarta, harusnya gubernur menidak tegas. Jangan dibiarkan Greenpeace yang jelas liar seenaknya melakukan kegiatan di Jakarta. Apalagi itu (Greenpeace, red) LSM asing," ujar Komisi C DPRD DKI Ahmad Husein Alaydrus kepada wartawan di Gedung DPRD, Jakarta, Kamis (23/6).

Hal itu dikemukakannya menanggapi pernyataan mantan Walikota Jakarta Pusat Muhayat dan Walikota Jakarta Pusat Saefullah bahwa Greenpeace LSM liar, tidak terdaftar di Kesbangpol dan tidak pernah melapor ke Pemprov DKI Jakarta.

Politisi Demokrat ini mengaku geram melihat aksi Greenpeace yang selalu menjelek-jelekkan nama Indonesia di luar negeri terkait kampanye lingkungan hidup. Alaydrus menduga kegiatan LSM Greenpeace di Indonesia merupakan titipan asing untuk menjadi mata-mata di Indonesia.

“Indonesia sudah dijajah Belanda 350 tahun. Kini ada LSM asing asal Belanda mau menjajah ekonomi Indonesia juga. Ya, harus kita lawan, kalau perlu Greenpeace kita usir dari Jakarta,” tegas Alaydrus.

Karenanya, apabila Foke-sapaan akrab Fauzi Bowo-tidak tegas membubarkan Greenpeace, DPRD dapat menggunakan haknya untuk membuat pansus Greenpeace sebagai LSM liar. “Foke harus berani bubarin Greenpeace,” kata Alaydrus.

Di tempat terpisah, anggota DPRD Komis A dari Partai Hanura Suprawito, mengatakan, Greenpeace harus tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia.

“Greenpeace melakukan kegiatannya di Indonesia ya harus terdaftar di Dirjen Kesbangpol Kemendagri setelah itu harus terdaftar Kesbangpol wilayah Pemprov DKI,” kata mantan Walikota Jakarta Utara ini.

Suprawito juga mendesak Gubernur Fauzi Bowo agar menindak tegas Greenpeace jika sama sekali tidak mendaftar sebagai LSM di Jakarta.

"Apartur Pemerintah DKI banyak, masa tidak ada yang bergerak untuk menjemput bola. Mungkin dengan menegur Greenpeace atau melakukan tindakan secara radikal,” terang Suprawito. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails