Rabu, Juni 01, 2011

95 Persen Tiket di Stasiun Gambir Habis

JAKARTA, M86 - Libur panjang yang dimulai Kamis (2/6) besok hingga akhir pekan, Minggu (5/6) mendatang, dimanfaatkan warga ibu kota untuk bepergian keluar kota. Kondisi ini membuat 95 persen tiket kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, habis terjual. Mayoritas penumpang membeli tiket untuk tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"Hari ini saja sudah mulai ada peningkatan jumlah penumpang. Diperkirakan, puncaknya akan terjadi pada malam nanti dan besok," kata Mateta Rizalulhaq, Kepala Humas Daop I PT KAI, Rabu (1/6).

Ia memperkirakan, lonjakan penumpang diperkirakan bisa mencapai 9-10 ribu penumpang. Jumlah tersebut diperkirakan naik sebesar 5 persen dari hari biasa yang maksimal hanya mencapai 6-7 ribu penumpang setiap hari.

Mateta mengakui, saat ini tiket kereta dengan tujuan ke beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk tanggal 2-5 April sudah dipesan penumpang jauh-jauh hari sebelumnya. 95 persen tiket yang habis terjual, dipesan penumpang melalui agen maupun dengan datang langsung ke Stasiun Gambir.

"Ada yang satu minggu sebelumnya sudah pesan tiket. Saat ini masih ada sisa tiket sebanyak 5 persen. Kebanyakan pemesanan tiket untuk tujuan ke Cirebon, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, dan Yogyakarta," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya menyiapkan 1-2 tambahan rangkaian kereta untuk daerah yang banyak peminatnya. Seperti ke Solo, Jawa Tengah, yang cukup banyak penumpangnya, sehingga pihaknya harus menyiapkan rangkaian pada kereta api Argo Lawu, dengan jam keberangkatan pukul 21.05.

"Selain penambahan rangkaian, kami juga menambah perjalanan untuk tujuan tersebut dengan rute keberangkatan Gambir-Solo," jelasnya.

Sementara untuk pengamanan, pihaknya tidak melakukan persiapan secara khusus. Pengamanan sifatnya internal oleh PT KAI dengan dibantu 2 petugas kepolisian. (jek)

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails