Senin, Mei 16, 2011

Tiket di Stasiun Gambir Ludes Terjual

JAKARTA, M86 - Libur cuti bersama memperingati hari Waisak tampaknya betul-betul dimanfaatkan warga ibu kota untuk berpergian ke luar kota. Salah satu moda transportasi yang kerap digunakan masyarakat untuk bepergian ke luar kota yakni menggunakan Kereta Api (KA). Bahkan, tiket untuk tujuan beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga Selasa (17/5) telah habis terjual.

“Mereka yang bepergian ke luar kota jumlahnya merata. Hampir seluruh penumpang yang berangkat, langsung memesan tiket untuk pulang. Tiket untuk jurusan Cirebon, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, dan Yogyakarta sudah habis terjual. Lonjakan penumpang ini terjadi karena libur panjang cuti bersama yang bersamaan dengan libur Waisak,” ujar Eddy Sarwono, Wakil Kepala Stasiun Gambir, Senin (16/5).

Dikatakan Eddy, lonjakan penumpang yang cukup tinggi terjadi pada hari Sabtu (14/5) lalu. Jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir mencapai 11 ribu penumpang. Sementara pada hari biasa, sambungnya, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun Gambir paling banyak mencapai 9 ribu penumpang.

Terkait adanya kemungkinan pengadaan tiket tambahan, Eddy tidak mau berkomentar banyak. Namun, ia mempersilahkan para calon penumpang untuk melakukan pengecekan ke stasiun-stasiun yang menjual tiket secara online, maupun datang secara langsung ke stasiun atau agen resmi penjual tiket terdekat untuk memastikan apakah masih ada tiket yang terjual atau memang telah bernar-benar habis.

Kepala Humas PT KAI Daops I, Mateta Rizalulhaq menjelaskan, sejak adanya pengumuman dari pemerintah untuk libur cuti bersama, memang terjadi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan. Ditambahkannya, untuk kereta Jawa Tengah dan Jawa Timur, pemesanan tiket sudah dibuka sejak hari Rabu. Sedangkan beberapa jam sebelum kereta diberangkatkan, hanya dijual tiket kereta tambahan saja dan jumlahnya pun tak banyak. Ia pun mengaku sudah mengumumkan habisnya tiket kereta melalui layar televisi yang dipasang tepat di atas loket. "Jadi, petugas tidak perlu mengumumkannya lagi. Namun, sepertinya masih banyak masyarakat yang kurang mengerti," kata Mateta.

Selama liburan panjang ini, diungkapkan Mateta, pihaknya menjalankan sebanyak 12 kali perjalanan untuk kereta api kelas ekonomi dengan masing-masing gerbong diisi sebanyak 106 penumpang. Sementara untuk KA Eksekutif dan bisnis, pihaknya menjalankan 49 kali perjalanan dengan jumlah tempat duduk untuk KA Eksekutif sebanyak 50 penumpang dan KA bisnis sebanyak 64 penumpang untuk masing-masing gerbong. Sementara itu, kondisi di stasiun Gambir tampak terlihat normal. Tidak terlihat adanya antrian panjang di setiap loket. Diperkirakan, puncak arus balik akan terjadi pada Selasa besok. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails