Rabu, Mei 18, 2011

Pake Batik, Gratis Masuk Monas

JAKARTA, M86 - Dalam rangka memperingati Hari Museum Internasional yang jatuh setiap 18 Mei, pengelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas menggratiskan siapa saja yang hendak berkunjung ke kawasan wisata yang telah menjadi ikon kota Jakarta tersebut.

Syaratnya, mereka yang berkunjung harus mengenakan pakaian batik. "Mengapa harus pakai batik? Karena ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme," kata Rini Haryani, Kepala UPT Monas, Rabu (18/5).

Dikatakannya, kunjungan gratis ini hanya berlaku untuk area museum saja. Sedangkan bagi para pengunjung yang ingin naik ke puncak Monas, tetap akan dikenakan biaya seperti biasa.

Menurut Rini, kunjungan gratis ini tidak hanya berlaku untuk museum di Monas saja, melainkan juga bagi museum lainnya yang ada di Jakarta. “Gratis hanya untuk hari ini dalam rangka memperingati hari museum internasional,” katanya.

Ia menjelaskan, pembebasan biaya masuk pada hari museum internasional dimaksudkan untuk mendukung dan menyosialisasikan diakuinya batik sebagai warisan budaya Indonesia atau world heritage oleh UNESCO.

Melalui ajang ini, diharapkan masyarakat dapat lebih menghargai, mencintai, dan mengapresiasi museum yang ada di Jakarta. Sehingga, ke depan masyarakat dapat lebih proaktif dalam upaya pelestarian peninggalan budaya bangsa, memahami sejarah dan kebudayaan bangsa sendiri, serta menjadikannya sebagai pondasi yang kokoh untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, mandiri, berkepribadian, dan kuat dalam pergaulan antara bangsa di dunia. (jek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails