Selasa, Mei 17, 2011

BMKG Sebut Jakarta Jauh dari Lokasi Gempa

JAKARTA, M86 - Prediksi gempa 8,7 SR di wilayah Jakarta dan sekitarnya dibantah oleh Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Menurut Kepala Bidang Bina Operasi Gempa Bumi dan Tsunami Jaya Murjaya BMKG, saat dikonfirmasi Selasa (17/5) mengatakan bahwa Indonesia memang rawan akan gempa seperti di Selat Sunda dan Sumatera yang pernah terjadi.

"Tetapi kita tidak tahu kapan, tidak bisa diprediksi dan di Jakarta jauh," katanya.

Pihaknya juga menghimbau bahwa warga Jakarta dan sekitarnya tidak panik akan berita tersebut,"Di Jakarta tidak ada, masyarakat jangan panik," tegasnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam, Andi Arief, memprediksi Jakarta akan akan dilanda gempa dahsyat hingga berkekuatan 8,7 skala richter (SR). Namun, kapan gempa dahsyat itu akan terjadi belum diketahui kepastiannya.

Prediksi Andi ini berdasarkan pada peristiwa gempa purba yang sempat melanda ribuan tahun lalu. “Saat ini, kami sedang buat semacam modellingnya," ungkap Andi, disela-sela diskusi bertema Bencana dan Sejarah Indonesia di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails