Selasa, Mei 31, 2011

Gila, Bangunan Studio TV Dibongkar

JAKARTA, M86 - Sebuah bangunan yang akan dijadikan studio Tempo TV milik PT Media Lintas Inti Nusantara di Jalan Utan Kayu Raya Nomor 63 D, Utankayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, dibongkar paksa petugas. Namun petugas tidak membongkar seluruh bangunan, tapi memberikan kesempatan pada pemilik untuk membongkar sendiri bangunan tersebut.

Kasie Pengawasan Sudin Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Jakarta Timur, Yarnedi, mengatakan berdasarkan izin yang ada, bangunan harusnya berukuran 40 x 14,2 meter persegi. Namun, fisik bangunan empat lantai itu melebihi 7,5 meter pada bagian belakang, sehingga harus dibongkar.

“Namun karena kondisi bangunannya sangat rawan, tidak seluruhnya dibongkar tapi kita berikan kesempatan pada pemilik untuk membongkar sendiri. Kalau masih dibiarkan akan kita bongkar paksa,” tegasnya, Selasa (31/5).

Menurutnya, seharusnya pemilik bangunan tidak membuat bangunan pada seluruh lahan yang ada, akan tetapi disediakan juga lahan terbuka agar lingkungan warga tidak tertutup rapat. Terlebih kawasan tersebut rencananya akan dibuat jalan lingkungan bagi warga sekitar.

Sebelum dilakukan pembongkaran, sejak 4-6 April lalu, pihaknya juga telah memberikan surat peringatan 1-4. Namun, pemilik bangunan tak menggubris. Bahkan saat diberikan segel juga tetap tak bergeming, sehingga dilakukan pembongkaran dengan melibatkan sekitar 10 personil P2B Jakarta Timur.

Direktur Keuangan dan Personalia Umum, PT Media Lintas Inti Nusantara, Eddy Wibisana, mengatakan rencananya bangunan ini akan dijadikan studio Tempo TV. Ia mengaku bangunan yang ada saat ini sudah sesuai dengan IMB. Termasuk yang 7,5 meter ini juga sudah bagian dari izin tersebut.

“Yang jelas desain bangunan sekarang ini sudah sesuai dengan izin, anehnya kok gambar desain malah berubah. Saya tidak tahu kenapa terjadi perubahan, padahal bagian belakang bangunan ini sudah kita desain sejak awal,” katanya.

Ditambahkannya, bangunan ini berada di lahan seluas 54,7 x 14,2 meter persegi sedangkan luas bangunannya adalah 40 x 14,2 meter persegi. (red/*bjc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails