Sabtu, Mei 28, 2011

Bangunan Liar di TPU Kawi-kawi Ditertibkan

JAKARTA, M86 - Untuk mengembalikan fungsi Taman Pemakaman Umum (TPU) Kawi-kawi yang terletak di Kelurahan Joharbaru, pihak kecamatan setempat menertibkan puluhan bangunan liar yang berada di areal TPU tersebut. Dalam penertiban itu, petugas berhasil menertibkan sebanyak 10 gubuk liar, 60 kandang unggas, dan 1 kamar mandi.

Wakil Camat Joharbaru, Neni Maryani mengatakan, kegiatan yang dilakukan barulah permulaan. Karena dalam waktu dekat, lanjutnya, penertiban dengan jumlah petugas yang lebih besar akan kembali dilakukan. "Penertiban yang dilakukan ini belum tuntas sepenuhnya. Dalam waktu dekat akan kami lakukan lagi kegiatan serupa," katanya Jumat (27/5).

Menurut Neni, kondisi ini menimbulkan kesan kumuh, sehingga mengganggu para peziarah yang datang. "Karena berdasarkan laporan warga yang berziarah, TPU tersebut seringkali dijadikan tempat nongkrong dan kadang dijadikan tempat mabuk-mabukan," ucap Neni. Penertiban ini, sambungnya, mendapat respon positif dari pengelola makam. Bahkan, pengelola makam juga minta ikut dilibatkan dalam penertiban berikutnya.

Selain itu, dijelaskan Neni, pihaknya merasa khawatir kawasan itu akan menjadi daerah endemi penyakit jika bangunan-bangunan liar di sekitarnya tidak ditertibkan. Sebab, banyak kandang unggas seperti, burung dan ayam yang dibangun di lokasi tersebut.

Dirinya juga meminta, agar Sudin Pemakaman setempat memasang pengumuman imbauan agar tidak ada lagi bangunan liar yang tidak seharusnya berada di lahan TPU. Dalam penertiban itu sebanyak 72 petugas yang terdiri dari 25 anggota TNI, 23 mitra Babinsa, 16 Satpol PP dan 8 petugas kebersihan diterjunkan ke lapangan. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails