Jumat, Desember 03, 2010

Lebih Efisien, Pemilihan Gubernur Melalui DPRD

JAKARTA, MP - Pemilihan gubernur melalui DPRD menjadi salah satu pokok bahasan dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Bandung, Kamis (2/12) kemarin. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, sebagai Ketua APPSI menilai, pemilihan gubernur melalui DPRD memiliki sisi keuntungan dan kelemahan.

"Keuntungannya jika melalui DPRD bisa lebih efisien. Dipilih oleh DPRD juga demokratis tetapi tetap lain jika dipilih langsung oleh rakyat," kata Fauzi Bowo.

Menurut Fauzi, para gubernur saat ini sudah mendapatkan draf mengenai pemilihan kepala daerah oleh DPRD. Pada minggu kedua Desember mereka akan memberikan tanggapan mengenai hal tersebut. APPSI menerima alasan pemilihan oleh DPRD karena yang digunakan adalah rasio yang dilakukan oleh gubernur. Sebagi contoh Jawa Timur dalam melaksankan otonominya 76,9 persen melaksanakan tugas dari pemerintah pusat.

"Sehingga berdasarkan pengalaman di Jawa Timur, efisiensi akan lebih tinggi kalau pemilihan gubernur dilaksanakan oleh DPRD," jelas Fauzi.

Sementara itu, untuk DKI Jakarta memiliki undang-undang tersendiri, yakni otonomi yang letaknya pada tingkat provinsi seutuhnya. APPSI juga memiliki wanaca mengenai sistem pencalonan kepala daerah tidak lagi berpasangan. Hanya kepala daerah saja yang dipilih. Sedangkan untuk wakil ditetapkan berdasarkan kebutuhan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. "Wakil ditetapkan oleh gubernur terpilih. Bisa dari kalangan mana saja termasuk tokoh masyarakat yang penting sesuai dengan persyaratan," lanjutnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails