Kamis, Maret 04, 2010

Pengangguran di Jakarta Menurun

JAKARTA, MP - Upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi masalah pengangguran, membuahkan hasil. Indikasinya adalah, pada medio Januari-Februari 2010, jumlah pengangguran mengalami penurunan yang cukup signifikan. Yakni dari 590 ribu orang pada tahun 2009 menjadi 569.340 orang pada tahun 2010 atau menurun 20.660.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, Deded Sukendar mengatakan, meski jumlah pengangguran di DKI Jakarta turun, namun tetap saja peluang lapangan kerja masih belum seimbang dengan jumlah pencari kerja baru di Jakarta. “Dari tahun ke tahun, lowongan kerja di Jakarta tidak pernah sebanding dengan pencari pekerjaan. Begitulah umumnya,” kata Deded di Jakarta, Kamis (4/3).

Ia mencatat pada tahun ini pencari kerja baru di Jakarta mencapai 22.865 orang, tetapi lapangan kerja yang tersedia hanya 8.621 orang. Sementara hingga tahun 2010, total jumlah angkatan kerja sebanyak 4.687.730 orang.

Agar dapat menurunkan angka pengangguran, serta dapat menyerap pencari kerja baru di DKI Jakarta, Deded tidak hanya menitikberatkan pada pencarian kerja formal yakni di perkantoran swasta saja. Disnakertrans juga berupaya mengoptimalkan pelatihan keterampilan kerja di tujuh Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemprov DKI dengan 39 kejuruan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemasaran dan penempatan lulusan pelatihan kerja di tujuh BLK, sehingga terserap sebanyak 2.902 orang. Kemudian Disnakertrans DKI juga menyalurkan tenaga kerja untuk mengisi lowongan kepada perusahaan sebanyak 500 orang. Upaya lain untuk mengurangi penangguran, yakni melakukan penempatan melalui lembaga penempatan tenaga kerja swasta sebanyak 4.000 orang. Sedang penempatan tenaga kerja pada sektor informal dilakukan melalui pengembangan usaha baru untuk 100 orang.

Kepala Sub Bagian Program Disnakertrans DKI Jakarta, Haryono menegaskan, penempatan tenaga kerja melalui pengembangan usaha untuk 100 orang tersebut merupakan penganggur reguler lulusan SMA. Mereka membentuk kelompok wirausaha sesuai dengam keterampilan yang diperolehnya. Seperti keterampilan salon, tata boga, menjahit, bengkel, las, dan sebagainya.

Tak hanya itu, masih ada sebanyak 100 orang yang menganggur telah ditempatkan untuk bekerja di sektor usaha servis handphone dan rental komputer. Disnakertrans juga menyalurkan 50 orang tenaga kerja melalui usaha pembuatan pupuk kompos.

Tenaga Kerja Asing

Sementara, terkait dengan tenaga kerja asing pasca penandatanganan ASEAN Free Trade Area (AFTA), Deded menegaskan, Pemprov DKI memperketat aturan pengadaan tenaga kerja asing oleh perusahaan-perusahaan di Jakarta. Salah satunya adalah tenaga kerja asing hanya boleh menduduki jabatan direktur dan manajer. Sedangkan untuk jabatan skill atau keterampilan harus mempekerjakan orang lokal. Izin kerja tenaga kerja asing tetap diberikan oleh pemerintah pusat melalui Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Namun untuk, perpanjangan izin dan pengawasan tenaga kerja asing berada dalam kewenangan Disnakertrans DKI.

Hingga saat ini tercatat ada 8000 tenaga kerja asing yang tersebar di perusahaan asing dan lokal DKI. Rata-rata, pekerja asing berasal dari Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Filipina, India, Arab dan negara-negara Eropa. “Namun dengan adanya AFTA, Disnakertrans tetap memrioritaskan tenaga kerja lokal. Karena itu kami akan memantau pemakaian tenaga kerja asing apakah sesuai dengan peruntukan jabatan. Misalnya, level HRD tidak boleh memakai tenaga kerja asing, jika tidak maka itu melanggar aturan,” ujarnya.

Pelanggaran bisa dilaporkan kepada pihak Imigrasi wilayahnya, kepolisian dan Disnakertrans DKI. Jika terbukti menyalahi ketentuan dan aturan yang ada, maka tenaga kerja tersebut langsung dideportasi. (red/*bj)

1 komentar:

  1. SSB GROUP YANG MENJADI PERUSAHAAN DISTRIBUTOR ALAT ALAT KESEHATAN NO 1 DI INDONESIA (ADVANCE) MEMBUTUHKAN

    1. Staff showromm 25 orang. Pendidikan minimal slta sederajat
    Usia min 18th max 24 th. Diutamakan lulusan 2008, 2009, 2010
    2. Staff teknisi service 35 orang. Pendidikan minimal slta sederajat
    Usia min 18th max 30 th,
    3. Staff medical chekup 5 orang. Wanita minimal lulusan SPK atau D3 kedokteran, gaji 1,25jt nego.

    Untuk di tempatkan kantor pusat dan cabang, lokasi pameran, counter, dan showroom areal jabodetabek.

    Persyaratan lainya
    Memiliki motivasi yang tinggi dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban.
    Memiliki kemampuan komunikasi yang baik .
    Mampu bekerja sama dengan team.
    Bersedia mengikuti orientasi dan latihan selama 2mg.
    Tidak sedang bekerja, kuliah, dan tidak terikat kontak dengan perusahaan apapun.
    Pekerja keras, ulet, jujur, dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam menyelesaikan tugas

    FASILITAS YANG DI SEDIAKAN.
    Tunjangan pokok (gaji bulanan)
    Komisi
    Bonus
    Reward Bagi yang berprestasi
    Pendidikan dan pelatihan secara berkala
    jenjang karir yang terbuka, menuju leadership
    status karyawan tetap

    Hubungi advance training center
    Tlp 0214260555
    Fax 0214242898
    Hp 081380783912

    Segera kirim lamaran kerja anda di alamat-alamat sebagai berikut.

    Kantor Pusat Advance JL. Kran Raya (JL ANGKASA NO 01 A/32) Blok B No 4-7 Kemayoran, Jak Pus
    Up. Bp Anda / Bp. Arbib.
    Advance showroom
    PASIFIC PLACE, Lt B 1 unit 6. JAKARTA. GRAND INDONESIA, LT 3 NO A312A, JAKARTA. MALL PONDOK INDAH, LT DASAR N0 055B. JAKARTA. MALL TAMAN ANGGREK LT 3 N0 356. JAKARTA. MALL MANGGA DUA, LT DASAR NO 8 B, JAKARTA. POINT SQUARE, LEBAK BULUS, LT DASAR-BAWAH NO 6&7, JAKARTA. ITC CEMPAKA MAS LT LG NO 199. JAKARTA. PLAZA ATRIUM SENEN, LT DASAR NO 03. JAKARTA. MALL OF INDONESIA, LT 1BLOK D 16, JAKARTA. MALL EMPORIUM PLUIT, LT LG NO 15. JAKARTA.
    Atau email data pribadi dan contact personal anda ke
    carier@asia.com ( tanpa lampiran )
    www.facebook.com/kerjaan
    http://donany563.logspot.com

    Terima kasih atas perhatianya.
    MOHON INFO INI DI BAGIKAN KEPADA REKAN - REKAN YANG SAAT INI MENCARI KERJA.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails