Selasa, Februari 23, 2010

Warga Petamburan Diminta Terapkan PHBS

JAKARTA, MP - Untuk mencegah penyakit pasca banjir, warga Kelurahan Petamburan diminta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumahnya masing-masing. Dengan menerapkan PHBS, kemungkinan datangnya penyakit menular bisa diantisipasi warga sedini mungkin.

"Pasca banjir biasanya penyakit seperti batuk, flu, diare dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) mudah menyerang warga yang rumahnya terendam. Karena itu, sebaiknya warga menjalani PHBS untuk menjaga kesehatan" ujar Dr Lilian, Kepala Puskesmas Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanahabang, Jakarta Pusat, Selasa (23/2).

Menurutnya, dengan menerapkan PHBS, warga dituntut untuk selalu menjaga kebersihan dalam kehidupannya setiap hari, dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan tubuh dari kemungkinan menempelnya kuman dan kotoran. Tidak hanya itu, warga juga diminta tidak membuang ludah di sembarang tempat. Pasalnya, hal tersebut sangatlah berbahaya karena bisa menyebarkan virus atau kuman penyakit.

"Biasakan tidak membuang dahak di sembarang tempat. Karena kalau yang membuang dahak itu berpenyakit, maka bisa menyebar kepada warga lainnya" jelasnya.

Lebih jauh Lilian mengungkapkan, masih banyak warga yang belum menjalani PHBS sepenuhnya. Salah satunya, masih adanya rumah yang minim dengan ventilasi udara, meskipun rumah itu berada di pemukiman padat. Akibatnya, udara menjadi lembab dan menjadi faktor mudahnya penyakit berkembang biak.

Zaenal (38) salah seorang warga RT 09/03 Petamburan, Tanahabang, mengakui masih ada kebiasaan warga yang kurang sehat dan kerap membuang sampah sembarangan di kali. Akibatnya, saluran air pun mampet dan akhirnya air kali meluap dan membanjiri pemukiman warga, sehingga virus penyakit pun bermunculan.

"Susah memang merubah kebiasaan buang sampah di kali, tapi kalau kita ingatkan terus menerus, banyak warga yang akhirnya sadar" tandasnya.(red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails