Minggu, Februari 14, 2010

Sampah Berat Sungai Ciliwung Dikeruk

JAKARTA, MP – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeruk sampah berat Sungai Ciliwung yang menumpuk di sekitar jembatan Kalibata, Rawa Jati, Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu 14 Februari 2010.

Sampah yang menumpuk di sekitar jembatan, antara lain, batang kayu berukuran besar, potongan-potongan bambu, kain, dan plastik. Keberadaan sampah ini ikut menghalangi arus air pada waktu terjadi banjir kemarin sehingga luapan air makin meluas ke pemukiman di sekitar daerah aliran sungai.

Untuk menyingkirkan sampah, pemerintah menurunkan dua unit alat berat yang berfungsi untuk mengangkatnya dari dalam air. Kemudian sampah dipindah ke sembilan armada truk yang akan langsung membuangnya ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan Wira H. mengatakan sampah yang hari ini berhasil diangkat dari sekitar jembatan Kalibata sudah mencapai delapan meter kubik. Berarti, bila ditotal-total, selama tiga hari terakhir, pemerintah sudah mengangkat sampah sebanyak 48 truk dari sana.

Pengerukan sampah ini merupakan kerjasama Dinas Pemprov DKI Jakarta, Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan, dan Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur. (red/*vc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails