Rabu, Februari 17, 2010

Depo Pertamina Plumpang Akan Dipindah ke Marunda

JAKARTA, MP - Pemprov DKI Jakarta mengusulkan, agar kasus kebakaran yang menimpa depo bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara, tidak terulang kembali maka sebaiknya segera dipindah. Pemindahan dapat dilakukan secara bertahap, misalnya ke kawasan Marunda, Jakarta Utara, tepatnya di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Untuk menghindari terulangnya peristiwa kebakaran yang pernah terjadi, kita akan usulkan Depo Pertamina Plumpang dipindah bertahap ke daerah Marunda. Lokasinya di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang jauh dari pemukiman penduduk," kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, usai Menerima PT. Jakarta Tank Terminal, di Balaikota, Rabu (17/2) sore.

Gubernur mencontohkan, lokasi yang ideal didirikan Depo BBM adalah seperti yang saat ini didirikan oleh PT.Jakarta Tank Terminal bekerjasama dengan PT AKR Corporindo Tbk. Perusahaan swasta itu telah membangun sebuah depo BBM dengan kapasitas besar non Pertamina yang mencapai 250 juta liter. Lokasinya di kawasan Komplek Tanjung priok, Koja, Jakarta Utara yang sudah memenuhi standar keamanan karena jauh dari pemukiman. Selain itu, berbagai persolan lingkungan juga telah diperhatikan dengan terpenuhinya perizinan termasuk AMDAL oleh perusahaan. "Kita ingin depo BBM yang ada di Jakarta ini semuanya memenuhi standar keamanan seperti yang dimiliki oleh PT Jakarta Tank Terminal ini," ujar Fauzi.

Presiden Direktur PT Jakarta Tank Terminal, Haryanto Adikoesoemo mengungkapkan, depo ini dibangun atas kerjasama dengan beberapa perusahaan. Di antaranya adalah PT AKR Corporindo dan perusahaan asing dari Belanda yang selama ini telah berpengalaman dalam pembuatan depo berkelas internasional. Sehingga segala prosedur keamananya tidak perlu diragukan lagi. "Dalam membangun depo ini investasi kami mencapai 105 juta dollar AS," tuturnya.

Depo BBM ini setidaknya mampu menampung 250 juta liter BBM. Pendistribusian BBM bukan hanya dilakukan untuk kawasan Jakarta, melainkan juga seluruh Indonesia. "Depo ini akan menambah ketahanan stok BBM nasional,” terangnya. Rencananya, Depo tersebut akan diresmikan pada Maret 2010. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails