Rabu, November 25, 2009

Kota Jakarta Penyalahgunaan Narkoba Terbesar

JAKARTA, MP - Kepala Pusat Pengawasan Badan Narkotika Nasional, Anang Iskandar mengatakan DKI Jakarta merupakan kota dengan kasus penyalahgunaan narkoba terbesar di Indonesia.

Tak pelak, tingkat prevalensi penyalahgunaan narkoba di DKI Jakarta mencapai 4,1 persen. Artinya, dari 100 orang yang tinggal atau beraktifitas di DKI Jakarta, terdapat lima orang yang terlibat penyalahgunaan narkoba. "Itu sesuai penelitian Universitas Indonesia," kata Anang di Balai Kota, baru-baru ini.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Narkotika Nasional, pada tahun 2008 terdapat 6.980.700 buah narkoba yang disalahgunakan di DKI Jakarta. Dan setelah Jakarta, kota Yogjakarta tercatat memiliki penyalahgunaan narkoba tinggi dengan jumlah 2.537.000 disusul kota Maluku sebanyak 968.900.

Sedangkan secara nasional, tahun 2008 terdapat 135.452 orang yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Narkoba terbanyak yang disalahgunakan adalah jenis narkotika, sebanyak 43.148 buah.

Anang menjelaskan, mulai tahun depan Badan Narkotika menargetkan angka penyalahgunaan narkoba ini turun 10 persen tiap tahun hingga 2015. "Tahun 2015 Indonesia harus bebas narkoba," ujar dia.

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto mengatakan, untuk mengurangi tingkat penyalahgunaan narkoba di wilayahnya, pemerintah DKI dan Badan Narkotika bekerja sama menggelar lomba bersih narkoba untuk 400 RW se-Jakarta. Kegiatan yang dimulai 17 Oktober-17 November ini, diwujudkan dengan lomba kreativitas warga untuk mencegah peredaran narkoba.

"Pemenang akan diumumkan 22 Desember nanti. Dan diharapkan dengan adanya program tersebut dapat mengurangi tingkat penyalahgunaan narkoba,"ujar Prijanto. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails