Minggu, Oktober 25, 2009

Car Free Day Jadi Objek Wisata

JAKARTA, MP - Car free day dimanfaatkan sejumlah warga Ibu Kota untuk menjalankan berbagai aktivitas olahraga. Ada juga yang menggunakan car free day sebagai bagian wisata dalam kota.

Kegiatan olahraga bersepeda, futsal, bulu tangkis, dan lari pagi pun mewarnai aktivitas warga di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin, Minggu, (25/10).

Di ruas Jalan Sudirman, beberapa warga antusias bermain futsal maupun bersepeda di tengah jalan utama yang sengaja dikosongkan dari kendaraan bermotor. Hanya angkutan massal Tranjakarta yang sesekali melintas di jalurnya.

"Senang sekali ada car free day, udara Jakarta yang biasanya penuh polusi bisa sedikit bersih," kata Ari, 48, yang mengajak anggota keluarganya melakukan olahraga di Jalan Sudirman.

Bersama dua orang anaknya, Ari yang sehari-hari berprofesi sebagai pegawai swasta bidang periklanan mengaku sangat menikmati car free day. Dirinya berharap car free day bisa dilakukan secara rutin setiap minggu. "Tidak hanya satu kali dalam sebulan," katanya. Ari mengaku, setiap car free day, dia selalu menyempatkan diri bersepeda bersama keluarganya.

Hal serupa juga dinyatakan pengguna car free day lainnya, Agustina (28). Tina yang membawa serta balitanya ini tengah mengikuti acara bertema kesehatan. Meski mengaku tidak menggunakan jalanan sebagai sarana olahraga, Tina menikmati jalan-jalan Jakarta tanpa mobil. "Jarang bisa melihat Jalan utama ini tanpa kendaraan dan asap," kata Tina.

Hari ini, berkaos senada warna putih dan hijau dengan balitanya serta menggunakan topi, Tina tampak menikmati suasana olahraga warga lain dari pinggir Jalan MH Thamrin. Sesekali, ia memperhatikan anaknya yang berlari-lari kecil di pinggiran jalan.

Setiap minggu terakhir setiap bulan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan Car Free Day di Jalan Utama Jakarta Sudirman dan Thamrin. (red/*vn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails