Kamis, Oktober 29, 2009

Bangun Taman Disiapkan Rp 25 Miliar

JAKARTA, MP - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun Taman Interaktif sebagai paru-paru kota di lima titik. Anggaran yang disediakan mencapai Rp 25 miliar.

“Sudah dianggarkan dalam RAPBD 2010. Dana Rp 25 Miliar itu untuk pembangunan taman di lima titik,” kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ery Basworo, baru-baru ini.

Menurut Ery, saat ini banyak kawasan yang seharusnya dijadikan jalur hijau tapi justru banyak difungsikan warga sebagai tempat tinggal. Ery berharap warga Jakarta ikut berperan aktif secara swadaya membangun taman interaktif di Jakarta.

Sebab, kata Ery, jika mengandalkan dana dari APBD, ruang terbuka hijau seperti taman interaktif tidak akan memenuhi jumlah ideal. Idealnya, setiap kelurahan di Jakarta yang berjumlah 267 kelurahan, masing-masing harus memiliki minimal satu taman interaktif.

“Idealnya, setiap kelurahan Jakarta memiliki satu taman. Peran serta warga penting, jadi jangan mengharapkan APBD saja. Masyarakat juga diharap membangun taman interaktif,” kata Ery.

Menurut Ery, selain sebagai paru-paru kota, taman interaktif tersebut termasuk dalam kajian rencana pengelolaan bencana, sebagai tempat rujukan atau evakuasi warga DKI Jakarta dari bencana.

“Taman ini juga difungsikan sebagai tempat evakuasi warga, dan bisa dibangun tenda darurat, dapur umum, serta posko kesehatan. Di sana juga bakal dilengkapi hidrant, jadi warga di permukiman padat penduduk tidak kesulitan mencari sumber air ketika terjadi kebakaran," ujarnya.

Dijelaskan Ery, DKI Jakarta saat ini memiliki 89 taman interaktif. Salah satunya Taman Pinang 4 di Jakarta Selatan. Namun demikian, untuk tahun ini, ada dua taman yang akan dibebaskan tapi belum terlaksana.

"Tahun ini ada dua lahan untuk taman, tapi pembebasannya belum terlaksana," katanya. Sejak 2003, Dinas Pertamanan dan Pemakaman telah membebaskan 89 taman yang difungsikan sebagai taman interaktif warga DKI Jakarta.(cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails