Kamis, Oktober 29, 2009

1.000 Lowongan Kerja di Jobfair

JAKARTA, MP - Untuk mengurangi angka pengangguran di Jakarta yang masih cukup tinggi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Pameran Bursa Kerja (Job Fair). Rencananya, kegiatan bursa kerja tersebut dilaksanakan 20-21 November mendatang di gelanggang mahasiswa Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat.

Bursa kerja ini merupakan kerja sama antaran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, visijobs.com, dan Universitas Trisakti. Ditargetkan akan ada 1.000 lowongan kerja dari 40 perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, ritel, otomotif, edukatif, telekomunikasi, dan properti. Sedangkan peserta yang hadir ditargetkan sekitar 5.000 orang.

Sekretaris Disnakertrans DKI Jakarta, Subagiyono, mengatakan, setiap tahun pengangguran di DKI Jakarta selalu bertambah. Hal ini terjadi karena angkatan kerja tahun lalu belum terserap pada pasar kerja dan adanya urbanisasi. Pertambahan angka pengangguran juga disebabkan adanya kesenjangan informasi antara pemberi kerja dan pencari kerja. “Pemberi kerja sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia,” kata Subagiyono.

Pameran Bursa Kerja, kata Subagiyono, diyakini dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja secara langsung. Sehingga diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Jakarta.

Kemudian, job fair ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun ia mengimbau agar pihak-pihak yang akan melakukan job fair agar terlebih dulu mengajukan izin rekomendasi dari Disnakertrans. Kemudian setelah mengadakan job fair segera melaporkan hasil realisasi penempatan tenaga kerja kepada Disnakertrans.

“Kami membuka peluang seluas-luasnya bagi semua pihak untuk melakukan job fair. Karena ini akan membantu kami untuk mengurangi angka pengangguran. Namun kami minta agar pihak penyelenggara segera mengurus izin rekomendasi dan melaporkan hasilnya,” urainya.

Pasalnya, selama ini sangat jarang dari pihak penyelenggara job fair melaporkan hasil penyerapan tenaga kerja yang diterima di perusahaan dalam kegiatan tersebut.

Wakil Dekan IV Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Muhammad A. Nuryatno mengatakan, mendukung dari segi fasilitas yaitu dengan memberikan tempat pelaksanaan di Gelanggang Mahasiswa Universitas Trisakti, Jl Kyai Tapa No 1, Grogol, Jakarta Barat. Luas gelanggang tersebut sekitar 1.000 meter persegi dan mampu menampung 5.000 peserta. “Kami akan mengatur keluar masuknya peserta agar tidak terjadi kerusuhan,” ungkapnya.

Keterlibatan Universitas Trisakti dalam Bursa Kerja ini, sebagai tanggung jawab bersama untuk memberikan kepada pemuda Jakarta yang memerlukan pekerjaan.

Eksekutif Direktur Visijobs.com Emy Trihanani menyebutkan, visijobs merupakan media online yang menyediakan jasa ketenagakerjaan. Karena itu, pihaknya akan mengadakan job fair bekerja sama dengan Disnakertrans DKI pada bulan November dan Desember 2009.

“Kami melakukan mediasi bagi para pencari kerja yang mencari pekerjaan sesuai dengan keahlian dan kemampuannya dengan perusahaan atau instansi penyedia lapangan kerja yang membutuhkan karyawan yang berkualitas,” ujarnya.

Untuk peserta, pihaknya menargetkan 40 perusahaan swasta yang akan ikut serta dalam kegiatan tersebut, Serta menerapkan tanda masuk gratis kepada semua pengunjung.(red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails