Kamis, September 24, 2009

Pengunjung Monas Masih Membeludak

JAKARTA, MP - Masa liburan panjang Hari Raya Idul Fitri sepertinya benar-benar dimanfaatkan oleh warga Jabodetabek untuk bertamasya ke sejumlah lokasi wisata. Monumen Nasional (Monas) menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi.

Bahkan pengelola Monas mengklam jumlah pengunjung yang berwisata di sana meningkat tajam dibanding hari-hari biasa. Kepala UPT Monas, IM. Rini Ariani menyebutkan bahwa jumlah pengunjung meningkat hingga empat kali lipat.

"Jumlah pengunjung di hari biasa sekitar 2.500 sampai 3.000 orang. Pada Hari Raya Idul Fitri, jumlah pengunjung yang datang tercatat sebanyak 6.000 orang," kata Rini, Kamis (24/9) siang.

Jumlah tadi semakin bertambah saat memasuki satu hari setelah lebaran yang jumlah pengunjungnya mencapai sekitar 10.000 orang. Pada hari kedua lebaran jumlah pengunjung kembali meningkat menjadi sebanyak 12.000 orang.

"Nah hari ini jumlah pengunjung diperkirakan bertambah dari hari kemarin. Kalaupun tidak bertambah setidaknya jumlahnya sama dengan kemarin ya sekitar 12.000 orang," tambah Rini.

Melonjaknya jumlah pengunjung di Monas diperkirakan karena biaya wisata di Monas tergolong murah. Untuk biaya masuk Monas sebesar Rp 1.000 (anak-anak) dan Rp 2.500 (dewasa). Sedangkan untuk naik ke puncak Monas, biaya dikenakan sebesar Rp 3.500 (anak-anak) dan Rp 7.500 (dewasa).

Rini menerangkan pihaknya tidak menaikkan harga tiket saat lebaran. Ini dimaksudkan agar pengunjung tidak merasa berat bertamasya di Monas. Untuk meramaikan libur ini, pihaknya menggelar pergelaran Kesenian Nusantara.

"Acara itu kami gelar sejak tanggal 26 September sampai 27 September 2009. Pergelaran ini berkat kerjasama dengan Sudin Kebudayaan dan Pariwisata Jakpus," terang Rini.

Sayangnya Rini tidak terlalu hafal rincian acara itu. Rini hanya ingat salah satu pengisi acara itu adalah pergelaran tarian dan kesenian Betawi. Para pengunjung bisa menikmati acara tersebut di panggung yang dipasang di dekat pintu tunggu lift menuju puncak Monas.

Memang pilihan Monas sebagai salah satu alternatif mengisi liburan lebaran murah dan terjangkau diucapkan Sahrudin (34), warga Bekasi, Jawa Barat. "Meski jauh dari rumah, tetapi liburan ke sini tidak mengeluarkan banyak biaya," katanya.

Lelaki beranak dua itu menuturkan berlibur ke Monas mendapat banyak manfaat, yaitu melepas penat dengan makan bersama keluarga di hamparan rumput di taman Monas sekaligus memberikan pengetahuan kepada anak-anak.

"Di bagian monumen, anak-anak bisa melihat diorama sejarah perjuangan bangsa. Selain itu keluarga juga bisa menikmati indahnya kota Jakarta dari puncak Monas. Jadi selain murah juga bermanfaat," tambah Sahrudin. (red/*wk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails