Senin, September 28, 2009

Pencari Kerja di Jakarta Meningkat

JAKARTA, MP- Bersama dengan arus balik Lebaran, sejumlah pendatang mulai membanjiri Jakarta untuk mencari pekerjaan. Tahun ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta mencatat, jumlah pencari kerja mencapai 590 ribu orang. Angka ini meningkat 60 ribu orang dari tahun sebelumnya.

Banyaknya pendatang yang mencari kerja membuat Disnakertrans DKI akan memperketat pembuatan kartu kuning (KK) atau kartu pencari kerja. Hanya warga yang memiliki KTP DKI saja yang diperbolehkan membuat KK sebagai persyaratan melamar kerja di sektor formal.

Kendati begitu, Disnakertrans tak menutup peluang warga pendatang yang ingin mencari kerja di sektor formal. Disnakertrans siap memberikan KK asalkan pendatang tersebut mau menjadi warga Jakarta dengan mengurus pembuatan KTP DKI yang menjadi salah satu syarat pembuatan KK. Tentunya, dengan begitu harus ada keluarga yang bisa menjamin tempat tinggal warga daerah tersebut selama mencari kerja.

Berdasarkan penertiban KK, Disnakertrans DKI Jakarta mencatat, hingga Agustus 2009 jumlah pencari kerja mencapai 15.418 orang. Rinciannya, Jakarta Selatan 1.281 orang, Jakarta Timur 9.009 orang, Jakarta Pusat 1.049 orang, Jakarta Barat 697 orang, dan Jakarta Utara 3.382 orang. Jumlah itu tidak sebanding dengan jumlah lowongan kerja yang ada di lima wilayah tersebut sebanyak 25,5 persen atau 3.938 lowongan kerja. Rinciannya, di Jakarta Selatan ada 587 lowongan kerja, Jakarta Timur 2.675 lowongan kerja, Jakarta Pusat 56 lowongan kerja, Jakarta Barat tidak tersedia satu pun lowongan kerja, dan Jakarta Utara 620 lowongan kerja.

Sayangnya, dari 3.938 lowongan kerja yang tersedia tidak seluruhnya dapat terisi. Banyak pencari kerja tidak diterima karena tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan perusahaan. Hanya 2.741 pekerja yang mendapatkan pekerjaan dari total lowongan kerja yang tersedia. Detailnya di Jakarta Selatan sebanyak 482 orang, Jakarta Timur 1.748 orang, Jakarta Pusat 26 orang, dan Jakarta Utara 485 orang.

"Dengan banyaknya pencari kerja yang tidak diterima, itu berarti menambah jumlah pengangguran di Jakarta," kata Deded Sukandar, Kepala Disnakertrans DKI di Jakarta, Senin (28/9). Ia mengungkapkan, tahun ini jumlah pengangguran di Jakarta mencapai 590 ribu orang, meningkat 60 ribu dari jumlah pengangguran pada tahun 2008 yang mencapai 530 ribu orang.

Karena itu, salah satu cara untuk menekan jumlah pengangguran yaitu dengan memperketat pembuatan kartu kuning atau kartu pencari kerja. Pasalnya, penerbitan KK menjadi acuan dalam memprediksi peningkatan jumlah pencari kerja. Kini pembuatan KK tidak hanya dengan menyertakan ijazah pendidikan terakhir dan ijazah keterampilan, pencari kerja juga harus menyertakan KTP DKI.

Artinya bagi pendatang yang mencari kerja di ibu kota akan tertutup kemungkinannya untuk bekerja di sektor formal seperti perusahaan atau kantor pemerintahan yang mensyaratkan KK dalam setiap lamarannya.

"Sekarang Jakarta sudah menjadi kota tertutup bagi pendatang yang tidak mempunyai KTP DKI. Jakarta terbuka bagi pendatang yang siap menjadi warga DKI Jakarta dengan mengurus administrasi kependudukan dan mempunyai KTP DKI," ungkap Deded.

Tahun ini, Deded memprediksi permintaan KK akan meningkat dari tahun sebelumnya. Karena setiap tahun ada ribuan permohonan permintaan kartu kuning yang dilakukan para pencari kerja dari daerah yang ingin mengadu nasib di Jakarta. Mereka berbondong-bondong datang ke Jakarta usai Hari Raya Idul Fitri memanfaatkan arus balik.

Umumnya, para pendatang baru ini hanya mempunyai ijazah pendidikan SMA dan tidak mempunyai keterampilan apapun. Padahal untuk kerja di Jakarta dibutuhkan minimal ijazah sarjana dan mempunyai keterampilan khusus. Bagi yang tidak mempunyai keduanya, maka mereka akan terjun ke sektor informal yaitu menjadi buruh, pembantu rumah tangga, dan pedagang kaki lima (PKL).

Untuk tahun ini, Disnakertrans DKI belum bisa menentukan berapa jumlah kartu kuning yang dibuat sudin di lima wilayah. Namun, dua minggu ke depan pihaknya akan meminta laporan dari sudin Nakertrans untuk mengetahui jumlah kartu kuning yang telah dikeluarkan dari Januari-September 2009. Kendati demikian, dia memperkirakan akan terjadi peningkatan permohonan kartu kuning 10-30 persen usai Lebaran.

Kegunaan kartu kuning bisa memberikan informasi kepada Sudin Nakertrans untuk mengetahui berapa pencari kerja di daerahnya. Ketika ada perusahaan yang membutuhkan pekerja, maka sudin akan memberikan pengumuman di kantor mereka.

Karena itu, kartu kuning mempunyai tenggat waktu penggunaan selama enam bulan yang bisa diperpanjang. Masa berlaku kartu kuning ini untuk mengetahui berapa persen yang telah diterima atau belum bekerja. Untuk pembuatan kartu kuning, para pencari kerja bisa langsung mendatangi Kasie Kecamatan wilayahnya masing-masing dan tidak dipungut biaya.

Kepala Bidang Penempatan Disnakertrans DKI, Kartini, menambahkan pendatang baru yang ingin mencari kerja di DKI Jakarta harus mendaftar sebagai pencari kerja di ibu kota dengan mengurus kartu kuning. "Syarat utama kartu kuning, pemohon harus mempunyai KTP DKI. Ini tidak berlaku di Jakarta saja, tetapi juga di daerah lain," jelasnya.

Aturan tersebut telah diatur dalan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 7 tahun 2008 tentang Tenaga Kerja dan Perda No 6 tahun 2004 tentang Ketenagakerjaan. Mengenai pelonjakan permintaan kartu kuning, Kartini mengungkapkan terjadi sehabis kelulusan perguruan tinggi dan adanya formasi PNS di kantor pemerintahan. (red/*bj)

2 komentar:

  1. KURANGI PENGANGGURAN.
    Jadikan Hobby Kerja Paruh Waktu Anda Bersama NETLINK
    Dengan modal Rp. 225.000, memungkinkan anda berpeluang besar memperoleh :
    - Kesempatan berbisnis yang sangat luar biasa dengan produk yang sangat dibutuhkan saat ini.
    - Web referal untuk promosi
    - Langsung sebagai agen pulsa
    - Saldo awal untuk agen pulsa Rp 50.000,-
    - Polis Asuransi dari Jamsostek
    MENGAPA HARUS SMS NETLINK? : Karena SMS Netlink
    - Menerapkan 3 system : NETWORK, BINARY, dan KONVENSIONAL
    - Tanpa TUTUP POINT
    - FLUSH OUT 12 pasang/hari sehingga SHARE perusahaan merata.
    - Menerapkan INDEX BAGI HASIL untuk kesinambungan perusahaan dan anggotanya.
    - Menerapkan KAKI GAJAH MENGUNTUNGKAN.
    - Menerapkan AKUMULASI TANPA BATAS UNTUK REWARD
    - Menerapkan BONUS MINGGUAN dan SHARING PROFIT
    - Program PENSIUN DINI BULANAN

    Sebagai catatan bahwa satu (1) Nomor rekening dengan nama yang sama hanya diijinkan untuk maksimal joint 7 titik/ID saja.

    REWARD YANG DAPAT DINIKMATI OLEH MEMBER :

    1. BONUS SPONSOR : Rp. 20.000,-
    2. BONUS PASANGAN : Rp. 40.000,-/pasang flush out 12 pasang
    3. BONUS GENERASI S/D 3 Generasi : sebesar Rp.2000,-/pasang. Generasi yang Anda sponsori Generasi I, Yang dII, ataupun III di jaringan Anda mendapatkan Subsidi Pasangan sampai kedalaman tak terbatas.
    4. BONUS CROSS LINE/LINTAS
    Diberikan apabila Crossline yang tepat berada disisi anda dengan Upline yang sama, pada hari tersebut mendapat penambahan pasangan, sebesar Rp2000,-/ pasangan , maks 12 Pasang / hari.
    5. BONUS UPLINE
    Apabila Upline yang tepat berada diatas posisi anda, pada hari tersebut mendapat penambahan pasangan, maka anda mendapat BONUS Extra Upline Rp2000,- / pasangan maks 12 Pasang / hari
    6. BONUS SUBSIDI TITIK : Rp.1.000,- per titik
    7. REWARD Flush Out : 1 X Flush Out = 1 Poit
    40 point handphone senilai Rp.2.000.000,-
    100 point laptop (Rp 6.000.000)
    240 point sepeda motor sport (Rp 20.000.000)
    400 point Tour Religi (Rp 34.000.000)
    2000 point* villa (Rp 1.500.000.000)
    Reward dapat di ambil cash dengan dikenakan potongan 20%
    8 SHARING PROFIT
    Member dengan pencapaian jumlah tertentu total jaringan kanan-kiri akan mendapatkan gelar khusus yang mendapatkan Passive Income berupa Sharing Laba Penjualan Pulsa Nasional :
    MANAGER ( 1000 pasang ) = (1% x profit)/ jumlah Manager
    DIREKTUR ( 2000 pasang ) = (1,5 % x profit)/ jumlah Director
    KOMISARIS ( 3000 pasang ) = (2,5 % x profit)/ jumlah Komisaris
    Dengan subsidi sharing ini Anda akan mendapatkan Passive Income Murni dengan hanya sedikit kerja cerdas diawal. Fakta membuktikan bahwa untuk meraih gelar MANAGER hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan, dengan raihan penghasilan hingga 30juta/bulan dalam kurun waktu singkat.
    9. PENSIUN DINI (Program paling diminati, karena dengan sedikit kerja cerdas, program ini sangat mudah diraih)
    Bonus dari royalty omset nasional dalam 1 bulan yang dibagikan setiap bulan kepada mitra yang telah mencapai peringkat GOLD (Joint 1 titik mensponsori 6 titik) dan PLATINUM (Joint Gold mensponsori 6 Gold). Dana yang dianggarkan sebesar 15.000,- per titik X jumlah titik sebulan dibagi jumlah gold (untuk peringkat Gold), dan 10.000,- per titik X jumlah titik sebulan dibagi jumlah platinum (untuk peringkat Platinum).

    Informasi lengkap SMS ke :
    08159927152,
    atau e-Mail ke :
    omyosa@gmail.com
    atau kunjungi :
    www.sms-netlink.com/?ref=SM0018799

    BalasHapus
  2. boleh juga dicoba daripada jadi pengangguran sejati. Asal jangan modus penipuan yang memanfaatkan kelengahan dan kesusahan orang lain.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails