Selasa, Agustus 18, 2009

Satpol PP Jakpus ‘Jinakan’ Bom

JAKARTA, MP - Puluhan personil TNI AD lengkap dengan peralatan penjinak bom, Selasa (18/8), nampak berhati-hati menjinakkan bom di halaman Gedung Walikota Jakarta Pusat.

Bom yang diduga berkekuatan ledak besar akhirnya berhasil mereka amankan. Semua yang ada di sekitar lokasi pun, akhirnya bisa menarik nafas panjang.

Itu merupakan salah satu adegan yang diperagakan prajurti TNI AD saat mengadakan pelatihan penjinakan bom kepada anggota Satpol PP Pemkota Jakarta Pusat.

Latihan cara-cara menanggulangi ancaman bom ini merupakan bentuk antisipasi Pemkot Jakpus untuk mengantisipasi ancaman teror.

Dalam kegiatan yang berlangsung mulai Selasa (18/8)-Rabu (19/8) ini, 200 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP) mendapat pelatihan cara menanggulangi bom.

Pelatihan ini juga melibatkan 30 personil Zeni Tempur TNI AD dari Kompi Nuklir, Biologi, Kimia (Nubika), dan kompi penjinak bahan peledak (Jihandak) sebagai instruktur.

Pelatihan yang dipimpin langsung Kolonel E Sucipto dan Kolonel Daniel ini berlangsung sangat serius. Bahkan pelatihan ini disertai dengan pengoperasian robot pengintai bahan peledak.

Robot berukuran besar ini terus digerakan ke sudut-sudut yang dicurigai telah ditaruh bahan peledak.

Menurut Idris, pelatihan dilakukan karena tidak menutup kemungkinan kantor pemerintahan juga akan jadi sasaran teror. Apalagi kantor pemerintah setiap hari dikunjungi banyak orang dengan berbagai ragam kepentingan.

“Kantor ini setiap hari didatangi banyak orang, sehingga ada peluang bagi pelaku teror yang ingin membuat kekacauan,” katanya.

Sementara, menurut Kolonel TNI E Sucipto, pelatihan yang diberikan adalah meliputi pengetahuan terhadap segala jenis bahan peledak. Termasuk juga cara pelacakan dan penanganannya serta bagaimana tehnik mengevakuasi para korban.

Peserta pelatihan juga akan mendapat pengetahuan cara menjinakkan bom dengan bahan peledak maupun bom jenis asap. Bom asap, kata Kolonel Daniel, juga sangat berbahaya bagi manusia. Pasalnya, jika diledakkan maka asapnya akan menyebar kemana-mana.

Ironisnya siapa saja yang menghisap asap tersebut akan langsung terkapar. Karena umumnya bom asap ini mengandung zat kimia yang sangat berbahaya. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails