Minggu, Agustus 16, 2009

Peziarah ‘Serbu’ TPU di Jakarta

JAKARTA, MP - Memasuki bulan Ramadhan yang jatuh pada 22 Agustus 2009 mendatang, ratusan peziarah mengunjungi sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk mendoakan sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Terlihat ratusan peziarah yang memenuhi sejak tadi pagi hingga siang ini di TPU Pondok Kelapa, Rawawadas, dan Kemiri Rawa Mangun, Minggu (16/8).

Salah satu peziarah yang tinggal di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Sugianto, mengatakan kedatangannya di TPU Kemiri, Rawa Mangun, untuk mendoakan anak dan orang tuanya, sekaligus membersihkan tanah makamnya, agar mereka disana tenang.

"Saya ke sini bersama keluarga saya, karena minggu depan kita sudah memasuki bulan Ramadhan, dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk berziarah ke makam keluarga untuk mendoakannya dan meminta maaf kepada orang tua," ujarnya.

Bambang, warga Perumahan DKI, mengatakan kedatangannya di TPU Pondok Kelapa untuk mendoakan dan meminta maaf kepada anak saya yang sudah meninggal dunia tiga tahun lalu.

"Saat ini adalah waktu yang tepat untuk berziarah ke tanah makam, karena pekan depan umat muslim sudah memasuki bulan Ramadhan, sehingga sebelum bulan Ramadhan alangkah baiknya kita berziarah, mendoakan, merawat tanah makamnya, agar kehidupan mereka disana lebih tenang dan juga kita dapat pahala," imbuhnya.

Mengenai ramainya peziarah saat ini, ia menjelaskan karena umat islam pekan depan sudah memasuki bulan Ramadhan, sehingga ratusan orang berziarah ke makam sanak saudaranya untuk mendoakan dan meminta maaf, serta merawat makamnya.

Siti Nuryanti, warga Perapatan Dua, Jakarta Timur, mengatakan kedatangannya ke TPU Kemiri Rawa Mangun, untuk mendoakan kakak laki-lakinya yang meninggal akibat Narkoba.

"Biasanya sudah menjadi suatu keharusan bagi keluarga kami untuk berziarah ke makam saudara menjelang bulan Ramadhan, karena bagi kami bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh suci, penuh ampunan, dan indah," katanya.(cok/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails