Senin, Agustus 24, 2009

Pelantikan Anggota DPRD Diharapkan 'Ontime'

JAKARTA, MP - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Andi Nurpati mengatakan, pihaknya mengharapkan agar pelantikan anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota dilaksanakan tepat waktu, sesuai dengan berakhirnya masa jabatan anggota. "Kita berharap `ontime`. Salah satu keputusan kita bagaimana melaksanakan pelantikan sesuai jadwal," kata Andi, di Jakarta, Senin (24/8).

Dalam rangka mengkoordinasikan jadwal pelantikan tersebut, KPU menggelar rapat bersama dengan Ditjen Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri di ruang rapat Gedung KPU lantai dua.

Menurut Andi, sebelumnya muncul usulan agar tanggal pelantikan DPRD di sejumlah provinsi yakni Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan digeser karena bertepatan dengan libur nasional dalam rangka Idul Fitri pada 23 September. Sejauh ini, katanya, jadwal pelantikan di dua provinsi tersebut masih tetap.

Sementara itu bagi anggota DPRD terpilih yang jadwal pelantikannya bertepatan dengan hari libur Sabtu atau Minggu, maka pelaksanaannya disesuaikan dengan tata tertib DPRD yang bersangkutan.

"Dimungkinkan pelantikan pada Sabtu atau Minggu tergantung tata tertib. Ada yang dibolehkan sidang ada juga yang tidak, tetapi kami harapkan pelantikan sesuai dengan berakhirnya masa jabatan," ujarnya.

Jadwal pelantikan DPRD provinsi dan kabupaten/kota ini beragam. Sejumlah DPRD provinsi yang pelantikannya dilaksanakan pada Agustus yakni DKI Jakarta, Sumatra Barat, Bengkulu, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Andi mengatakan dalam mempersiapkan pelantikan DPRD provinsi dan kabupaten/kota, KPU akan menyiapkan data maupun kelengkapan administrasi yang diperlukan dalam pelantikan.

Ia berharap tidak ada kendala teknis yang berarti sehingga menyebabkan pergeseran waktu pelantikan dan berimbas pada masa jabatan.

"Akan kita atur kalau ditemukan kendala teknis. Jika ada kendala teknis jangan sampai sebabkan keterlambatan pelantikan," tandasnya. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails