Sabtu, Agustus 22, 2009

BKSP Jabodetabekpunjur Belum Efektif

JAKARTA, MP - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengakui Badan Kerja Sama Pembangunan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (BKSP Jabodetabekpunjur) belum berjalan maksimal. Sebab, sejauh ini penetapan skala prioritas program kerja sama pembangunan dan penetapan kegiatan kerja sama pembangunan di wilayah Jabodetabekpunjur belum terinci dengan baik.

Misalnya, matriks kegiatan penataan ruang Jabodetabekpunjur tahun 2009-2013 masih terlalu umum, penyesuaian rencana tata ruang wilayah (RTRW) masih belum dituangkan dalam rincian kerja rencana aksi. Kemudian penanganan banjir di daerah aliran Sungai Ciliwung yang tertuang dalam Perpres Nomor 54 Tahun 2008 tentang Tata Ruang Kawasan Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur, juga belum terjabarkan secara ditail kegiatan dan tindaklanjutnya.

"Apa yang harus dikerjakan? Rincian tata ruang yang mana? Apakah di perbatasan? Kemudian juga bagaimana kita memberlakukan sistem intensif. Itu semua harus ada di dalam rincian kerja dari kesepakatan yang dituangkan dalam rencana aksi. Jadi ini belum final. Karena itu, tadi saya tunjukkan kepada BKSP Jabodetabekpunjur. Sebab, matriks rencana kegiatan belum maksimal seperti yang kita inginkan," kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, usai menerima paparan BKSP Jabodetabekpunjur, baru-baru ini.

Karenanya, tak heran jika keputusan bersama tentang penetapan kegiatan kerja sama pembangunan di wilayah Jabodetabekpunjur yang ditandatangani pada 30 Desember 2008 hingga kini belum bisa terlaksana dengan baik. "Keputusan bersama ini belum ditindaklanjuti sejak ditandatangani. Jadi selama hampir delapan bulan baru kita evaluasi sekarang," kata Fauzi Bowo.

Seperti diketahui, Perpres Nomor 54 Tahun 2008 yang terdiri dari 73 pasal itu meliputi kebijakan dan strategi penataan ruang, rencana tata ruang kawasan Jabodetabekpunjur, arahan pemanfaatan ruang, arahan pengendalian pemanfaatan ruang, kelembagaan, peran masyarakat, dan pembinaan.

Rencana tata ruang kawasan Jabodetabekpunjur merupakan alat untuk keterpaduan dan sinkronisasi rencana tata ruang wilayah Jabodetabekpunjur. Struktur tata ruang yang terdiri dari sistem pemukiman dan sistem jaringan prasarana, yakni sistem transportasi, penyediaan air baku, pengelolaan air limbah, pengendalian banjir, persampahan, tenaga listrik, dan sistem jaringan telekomunikasi.

Sementara pada rencana pola ruang akan mengatur rencana distribusi ruang untuk kawasan lindung dan budidaya di Jabodetabekpunjur. Jangka waktu rencana tata ruang itu, berlaku dalam kurun waktu 20 tahun dan ditinjau kembali lima tahun sekali.

Tujuan penataan ruang kawasan Jabodetabekpunjur, yakni mewujudkan keterpaduan penyelenggaraan penataan ruang antar daerah sebagai satu kesatuan wilayah perencanaan, mewujudkan daya dukung lingkungan yang berkelanjutan dalam pengelolaan kawasan, dan mengembangkan perekonomian wilayah yang produktif, efektif, dan efisien berdasarkan karakteristik wilayah. Sedangkan sasaran penyelenggaraan penataan ruang kawasan Jabodetabekpunjur, yakni terwujudnya kerja sama penataan ruang antar pemerintah daerah. (red/*bj)

1 komentar:

  1. Dalam beberapa literatur mengenai metropolitan governance, banyak contoh kasus menarik di belahan dunia lain mengenai perlu tidaknya dibentuk sebuah badan khusus yang bertugas menangani urban services seperti halnya BKSP Jabodetabekpunjur.

    Tapi benang merah dari perdebatan tersebut adalah sejauh mana political will diberikan upper level government (dalam konteks BKSP adalah pemerintah pusat dan pemprov DKI) untuk memberikan otoritas penuh bagi BKSP untuk me-manage Jabodetabekpunjur; serta komitmen pemerintah daerah yang berada di sekitar Jakarta untuk turut mendukung regional development.

    Memang tugas yang tidak mudah dan tidak instan. Butuh effort yang masif dan berkesinambungan, seperti halnya Koalisi Warga Jakarta yang tengah mendampingi proses penyusunan RTRW Jakarta 2030. Tapi jika seluruh pihak mau duduk bersama dan merumuskan shared vision, pasti BISA!!!

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails