Selasa, Juli 28, 2009

Keluarga Miskin di Jakarta Turun

JAKARTA, MP - Berdasarkan data Badan Pusat Statisitk (BPS), dalamsetahun terakhir jumlah keluarga miskin di Jakarta turun 4,7 persen. Data BPS menyebutkan, Maret 2009, jumlah keluarga miskin sebanyak 180.660 kepala keluarga (KK). Sedangkan pada bulan yang sama tahun 2008, jumlah keluarga miskin di DKI Jakarta mencapai sekitar 190 ribu jiwa.

Menurut Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) Pemprov DKI Jakarta, Effendi Anas, keberhasilan Pemprov DKI Jakarta meningkatkan kesejahteran keluarga miskin ini dilakukan dengan terobosan tiga poin penting.

Pertama, memberikan perlindungan dan bantuan sosial kepada keluarga miskin. Kedua, mengoptimalkan peran perekonomian masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat kelurahan (PPMK).

Dan ketiga, Pemprov DKI Jakarta melakukan pendekatan secara persuatif setiap keluarga miskin untuk memberikan kesadaran agar mampu memberdayakan diri.

Dalam upaya pengentasan kemiskinan di DKI Jakarta, sambung Effendi Anas, pemprov sangat memerlukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik swasta maupun lembaga swadaya masyarakat. Sehingga, seluruh program yang dicanangkan pemerintah bisa berjalan optimal. "Dari sinilah kita bersama-sama mengentaskan kemiskinan di DKI Jakarta," tandasnya. (cok/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails