Selasa, Juli 21, 2009

Areal Parkir Plaza Kenari Mas Jadi Lapangan Futsal

JAKARTA, MP - Ketika Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) tengah kesulitan menyediakan areal parkir, justru lahan parkir yang ada di Plaza Kenari Mas (PKM), Jl Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat diubah peruntukannya menjadi lapangan futsal. Akibatnya, sejumlah pengunjung pusat perbelanjaan peralatan listrik itu memanfaatkan badan jalan menjadi tempat parkir. Ironisnya, keberadaan lapangan futsal yang disewakan tersebut juga belum terdaftar di Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Jakarta.

Lapangan futsal yang bernama Planet Futsal tersebut menempati lantai 3 A Plaza Kenari Mas. Empat lapangan futsal yang ada disewakan seharga Rp 120 ribu-Rp 220 per jam. Karena lahan parkir digunakan untuk lapangan futsal, tak sedikit pengunjung yang kesulitan memarkir kendaraannya. Kondisi ini membuat Jl Kramat Raya terlihat macet karena satu jalur dimanfaatkan sebagai areal parkir liar.

Sayangnya, ketika akan dikonfirmasi tentang lapangan futsal yang memanfaatkan area parkir tidak ada satu pun pengelola PKM yang bersedia ditemui. Hanya Ayu (22), resepsionis PKM menjelaskan, lapangan futsal PF memang berada di areal parkir paling atas. Mengenai urusan sewa menyewanya, jelas Ayu, bisa langsung menghubungi pengelola futsal. "Kita hanya pengelola gedung, kalau untuk urusan sewa menyewa dan ada tidaknya izin PF lebih baik langsung ditanyakan kepemiliknya," kelit Ayu, Selasa (21/7).

Kenyataannya, lapangan futsal yang berada di areal parkir PKM belum meminta izin ke Sudin P2B Jakpus. Bahkan Kasi Penertiban Sudin P2B Jakpus, Budi Ramudani, mengaku, belum tahu menahu mengenai keberadaan lapangan futsal PKM karena perizinan dan pengawasan gedung lebih dari tiga lantai itu berada di tangan Dinas P2B Provinsi DKI Jakarta. "Itu izinnya ada di Dinas P2B," kata Budi.

Kepala Suku Dinas Tata Kota Jakarta Pusat, Mangara Pasaribu, mengaku belum mengetahui soal keberadaan lapangan futsal milik PF. Menurutnya, jika memang berada di areal komersil tentu keberadaannya tidak ada masalah. "Saya belum lihat block plantnya, jadi saya belum bisa berkomentar. Tapi kalau benar berada di areal komersil tentunya tak masalah," kata Mangara.

Kepala Dinas P2B Provinsi DKI Jakarta, Hari Sasongko, yang dihubungi mengaku, belum mengetahui keberadaan empat lapangan futsal milik PF yang sebelumnya merupakan areal parkir milik PKM. Dia menegaskan, kalau benar keberadaannya menyalahi izin dan peruntukan tentunya harus dibongkar. "Minta alamat jelasnya, biar nanti saya cek. Kalau tak ada izinnya dan menyalahi peruntukan, itu harus dibongkar," tegas Hari. (mp/*b)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails