Rabu, Juni 17, 2009

Warga Sulit Cari Kendaraan Umum ke PRJ

JAKARTA, MP - Sejumlah pengunjung Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2009 mengeluh kesulitan mendapatkan angkutan umum menuju lokasi pameran tersebut. "Saya ke sini harus naik bajaj atau ojek dengan ongkos sekitar Rp15.000 sekali jalan," kata Warga Kalideres, Bahtiar Sukanto.

Ia berharap, Pemprov DKI Jakarta membuka trayek baru angkutan umum selama berlangsungnya PRJ, dan trayek itu menyebar di sejumlah titik guna memudahkan warga ibukota ke tempat tersebut.

"Kalau ada angkutan umum, warga yang berkunjung ke pameran tahunan tersebut mungkin akan lebih ramai," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan warga Pondok Labu Jakarta Selatan, Nur Aminah, yang mengatakan dirinya mendapat informasi mengenai adanya kendaraan busway yang menuju PRJ.

"Kalau berangkatnya dari parkiran Monumen Nasional (Monas) saya rasakan kurang efektif. Karena kalau ingin ke PRJ harus ke Monas dulu," ucapnya.

Ia berharap bus tersebut tidak hanya di Monas saja melainkan di sejumlah halte yang ada di ibu kota.

Selain itu, kata dia, seharusnya program busway atau kendaraan umum lainnya disosialisasikan secara lebih luas.

Sementara itu, Direktur Jakarta International Expo, Slamet Supriyadi, mengatakan, busway disediakan sebanyak lima unit, berangkat dari Monas untuk hari Senin sampai Jumat mulai pukul 15.00 WIB, sedangkan Sabtu dan Jumat pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

"Rute bus meliputi Halte Monas - Halte Gambir - Mesjid Istiqlal - Jalan Juanda - Jalan Garuda - Jalan Benyamin Sueb dan berakhir di Halte Gambir Expo Kemayoran," katanya.

PRJ 2009 diselenggarakan di Kemayoran Jakarta dari 11 Juni hingga 12 Juli mendatang dengan peserta yang terlibat mencapai 2.200 pengusaha, antara lain pengusaha besar 2.000 pengusaha, dan sisanya sebanyak 700 pengusaha merupakan usaha binaan atau pengusaha kecil dan menengah.

Jumlah tersebut naik cukup signifikan dibandingkan tahun 2008 lalu yang hanya berjumlah 1.900 pengusaha yaitu, 1.800 pengusaha besar dan 100 pengusaha kecil dan menengah.

Tiket masuk ke PRJ yakni Rp15.000 per orang pada hari biasa dan Rp20.000 per orang pada Sabtu dan Minggu. (mp/*a)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails