Rabu, Juni 17, 2009

Pemkot Jakpus akan Gelar Festival "Passer Baroe"

JAKARTA, MP - Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersama Asosiasi Pengusaha Riteil Indonesia (Asperindo) bakal menggelar kegiatan Festival "Passer Baroe" pada 19-21 Juni 2009. Walikota Jakarta Pusat, Hj Sylviana Murni di Jakarta, Rabu siang mengatakan, tujuan diadakannya Festival "Passer Baroe" sebagai upaya promosi bagi pusat pembelanjaan tertua di Jakarta (sejak tahun 1828) tersebut.

"Festival itu akan diikuti kurang lebih 128 pedagang ritel dan diharapkan bakal menarik minat pembeli lokal maupun internasional untuk datang ke kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, sehingga akan meningkatkan pendapatan pedagang maupun penduduk setempat," ujarnya di Kantor Walikota Jakarta Pusat.

Menurut Sylviana Murni, Festival "Passer Baroe" merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Walikota Jakarta Pusat, sejak tahun 1919 untuk menyambut ulang tahun Jakarta.

Kasudin Parawisata Jakarta Pusat, Dewi Susanti mengatakan, menurut rencana pembukaan Festival Pasaar Baroe dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

"Pokoknya kita akan membuat Festival "Passer Baroe" tampil beda dari festival-festival tahun sebelumnya. Kita menginginkan masyarakat dapat menikmati sajian ini setahun sekali khususnya pada peringatan di hari jadi Kota Jakarta yang ke-482," lanjutnya.

Pihaknya bersama asosiasi pengusaha, lanjut Dewi Susanti, telah melakukan penataan dan pembenahan di seluruh kawasan. Di sepanjang pedestrian Jl Pasar Baru, Jakarta Pusat, akan diisi tenda-tenda cantik yang menjajakan berbagai hidangan panganan tradisional khas daerah serta menyajikan pameran toko dan berbagai akrobat tradisional serta atraksi khusus.

"Bukan hanya Festival ini, diskon besar-besaran di Festival "Passer Baroe" dilakukan hingga satu bulan," lanjutnya.

Sekretaris Kota Jakarta Pusat Kian Kelana mengatakan, Passer Baroe sebagaimana tertuang dalam surat keputusan (SK) Gubernur Jakarta nomor 3048 tahun 2000, ditunjuk sebagai kawasan wisata belanja bertaraf Internasional.

"Maka dari itu, kawasan tersebut harus selalu tertib, bersih dan indah, sehingga predikat yang diberikan pemda DKI bukan sekedar omong kosong. Saya juga mengharapkan diadakan Festival ini akan menatik minat masyarakat berbelanja di Passer Baroe. Salah satu upaya yang dilakukan adalah semancam gelar festival. Passer Baroe sendiri kini semakin hari ditinggal oleh masyarakat yang kalah bersaing dengan mal-mal di Jakarta," kata Kian Kelana.

Dalam Festival itu akan diwarnai Festival Band Sekolah, Festival Musik Anak Jalanan, dan berbagai aktraksi lainnya. Panggung utama akan menampilkan tari kreasi Betawi dan Band yang dibintangi antara lain oleh Usi Sulistyawati dan Acil Bimbo. (mp/*a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails