Rabu, Agustus 31, 2011

Pelayanan Samsat Pajak Kembali Buka 2 September

JAKARTA, M86 - Setelah libur atau tutup selama empat hari dalam rangka cuti bersama lebaran, pelayanan pajak di kantor samsat akan buka kembali pada 2-3 September. Sedangkan pelayanan akan normal kembali mulai Senin (5/9) mendatang.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan, mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Dirlantas Polda Metro Jaya, pelayanan untuk dua jenis pajak, yaitu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) akan buka kembali pada 2 dan 3 September.

“Pelayanan pajak di kantor Samsat tersebut hanya tutup selama cuti bersama lebaran selama empat hari. Setelah itu pada H+2 lebaran sudah buka kembali, lalu Minggu tutup kembali, dan hari Senin hingga seterusnya beroperasi normal seperti biasanya,” kata Fadjar Panjaitan di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (30/8) malam.

Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta, Iwan Setiawandi, membenarkan pelayanan Kantor Samsat akan buka pada 2 dan 3 September 2011. “Tolong diberitahukan kepada masyarakat, pelayanan pajak di kantor Samsat hanya tutup selama empat hari saja, dan buka kembali pada tanggal 2 September,” kata Iwan.

Liburnya pelayanan pajak di kantor samsat selama 4 hari, menurutnya, untuk memberikan kesempatan bagi para petugas di kantor tersebut merayakan hari raya Idul Fitri 1432 H bersama keluarga masing-masing. Serta memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin pulang kampung atau mudik lebaran.

Dinas Pelayanan Pajak DKI membangun dua kantor pajak drive thru di kantor Samsat Jakarta Timur, Jalan DI Panjaitan, dan Samsat Jakarta Utara, Jalan Gunung Sahari, untuk melayani pembayaran pajak PKB dan BBNKB.

Dengan adanya dua kantor pajak drive thru, wajib pajak tidak perlu datang lagi ke kantor pelayanan pajak untuk membayar PKB dan BBNKB. Saat memperpanjang surat tanda kendaraan bermotor (STNK), wajib pajak dapat langsung mendatangi kantor samsat di wilayah masing-masing. Upaya itu bukan satu-satunya yang dilakukan Dinas Pelayanan Pajak DKI untuk meningkatkan pencapaian pendapatan pajak daerah.

Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Royke Lumowa mengeluarkan kebijakan pelayanan Samsat Polda Metro Jaya juga mulai tutup pada hari Senin, (29/8) hingga Kamis (1/9), kembali buka lagi hari Jumat (2/9). Kebijakan ini di ambil menyusul ditetapkannya cuti bersama dan libur lebaran 1432 Hijriah.

“Libur bersama petugas Samsat sebelumnya ditetapkan sampai tanggal 5 September. Namun, dipersingkat karena menghindari penumpukan berkas permohonan perpanjangan SIM, STNK, dan BPKB. Biar nanti ketika itu tidak sampai menumpuk sehingga menyebabkan antrean panjang. Sehingga kami percepat liburnya," kata Royke.

Selain itu, apabila ada permohonan perpanjangan SIM, STNK, atau BPKB yang jatuh tempo pada waktu libur bersama, pihaknya akan menoleransi. Pengurusan paling lambat tanggal 5 September. "Akan ditolerir untuk yang jatuh tempo saat libur bersama sampai tanggal 5 September. Lebih dari itu, tetap kena denda," ujarnya.

Kasie SIM Polda Metro Jaya, Arsal Sahban, menegaskan khusus untuk pelayanan SIM hanya tutup pada saat Idul Fitri saja, kemudian dibuka kembali seperti hari-hari biasanya. "Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan SIM hanya tutup saat perayaan Idul Fitri saja," ujar Arsal Sahban

Tetap Beroperasi


Sementara itu juru bicara Gubernur DKI Jakarta, Cucu Achmad Kurnia, mengatakan, walau hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Rabu (31/8) pelayanan publik di Jakarta tetap normal. "Pelayanan umum, seperti pelayanan kesehatan tetap beroperasi disemua puskemas kecamatan diseluruh wilayah Jakarta," kata Cucu di Jakarta.

Sedangkan untuk puskemas ditingkat kelurahan akan kembali beroperasi pada Kamis 1 September 2011, sedangkan pelayanan transpotasi angkutan umum Transjakarta pada hari raya Idul Fitri pelayanan dimulai pada pukul 09.00 dan untuk selanjutnya seperti biasa.

Ditambahkan Cucu, untuk sektor niaga, Dinas Peternakan dan Kelautan juga ada pelayanan sertifikasi mutu eksport untuk ikan tetap berjalan," Bahkan pasar bunga Rawa Belong serta pelabuhan perikanan," tegasnya.(cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails