Minggu, Agustus 07, 2011

Pedagang Bendera Keluhkan Sepi Pembeli

JAKARTA, M86 - Harapan pedagang bendera merah putih menangguk untung besar setiap HUT RI yang diperingati tiap tanggal 17 Agustus, sepertinya sangat tipis di tahun ini. Sebab, HUT RI ke-66 kali ini bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa. Bahkan, sejumlah pedagang yang biasanya jelang HUT RI sudah mampu menjual bendera dengan jumlah banyak, kini sehari hanya mampu menjual lima bendera saja.

Pantauan di beberapa ruas Jalan di Jakarta Pusat memang terlihat ada beberapa penjual bendera, namun jumlahnya tak terlalu banyak. Para pedagang tersebut tidak hanya memanfaatkan trotoar dan bahu jalan raya, tapi banyak juga yang memilih keliling dengan gerobak menyusuri pemukiman penduduk.

Sebut saja Abdul (37), pedagang bendera di Jalan Percetakan Negara mengatakan, sejak awal bulan lalu hingga saat ini dagangannya masih sepi pembeli. Ia memperkirakan, sepinya pembeli disebabkan karena perayaan HUT kemerdekaan kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan. "Mungkin karena bersamaan dengan bulan puasa, makanya penjualan tidak seperti tahun sebelumnya. Biasanya tanggal-tanggal segini sudah lumayan ramai," keluhnya, Minggu (7/8).

Aziz menambahkan, tahun lalu dalam satu hari pembeli yang datang bisa mencapai 7-10 orang. Namun saat ini, pembeli yang datang dalam sehari maksimal hanya sebanyak 5 orang. Ia berharap, mendekati perayaan HUT RI ada peningkatan terhadap penjualan barang dagangannya. "Mudah-mudahan menjelang tujuh belasan nanti ramai. Tapi biasanya, satu minggu sebelumnya, pembeli mulai meningkat," kata bapak tiga anak yang juga biasa menjual pakaian di Pasar Senen ini.

Hal senada dikatakan Rais (33), pedagang bendera di kawasan Tanahabang. Dia mengungkapkan, tahun lalu ia biasa menjual satu kodi bendera dan umbul-umbul dengan pendapatan Rp 175.000 setiap hari. Namun saat ini sudah enam hari berjualan, pria yang tinggal dikawasan Cideng ini hanya mampu menghasilkan Rp 70.000 setiap hari. "Mungkin tidak banyak kegiatan yang diadakan, karena berbarengan dengan bulan puasa," jelasnya.

Menurut Rais, untuk bendera berukuran 40x60 cm ia menjual seharga Rp 32 ribu dan Rp 12 ribu untuk bendera kecil ukuran 8x6 cm. Ia berharap dagangan akan laris menjelang sepuluh hari HUT RI tersebut. "Kalau pun tidak laku masih bisa dijual untuk tahun depan," tandasnya.(dya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails