Rabu, Juni 29, 2011

Agustus, Feeder Bus Way Beroperasi

JAKARTA, M86 - Untuk memudahkan para pengguna bus Transjakarta dalam menempuh perjalanannya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta segera mengoperasikan feeder (bus penghubung) Transjakarta pada Agustus mendatang. Untuk tahap awal, rute yang dilayani yakni, Sentra Primer Barat (Puri Kembangan – Kantor Administrasi Walikota Jakarta Barat), Tanahabang – Balaikota dan Kawasan Sudirman Central Business Distric (SCBD) – Senayan.

“Agustus akan kami operasikan tiga feeder tersebut. feeder ini akan mengantarkan para penumpang dari perumahan ke halte bus Transjakarta,” ujar Udar Pristono, Kepala Dishub DKI Jakarta.

Dijelaskannya, ada dua jenis tipe feeder yakni, original dan destination. “Di sekitar Kantor Walikota Administrasi Jakarta Barat kan banyak terdapat perumahan, nantinya warga akan dihantarkan ke halte bus Transjakarta oleh feeder Transjakarta. Adalagi yang rutenya dari kawasan SCBD menuju Kompleks Senayan,” kata Pristono.

Selain itu, bus feeder juga akan berhenti di halte-halte bus Transjakarta yang merupakan paid area atau kawasan yang sudah dibayarkan seperti, halte Monas, Balaikota, JCC Senayan, Taman Kota dan seterusnya. Dengan begitu, sistem tiket feeder ini merupakan tiket terusan. Artinya, satu tiket untuk menggunakan dua moda transportasi yakni, feeder dan bus Transjakarta.

Untuk harga tiket feeder Transjakarta sebesar Rp 6.500. Harga itu, sudah termasuk dengan tiket bus Transjakarta. "Nanti penumpang akan mendapatkan dua tiket yang satu untuk feeder seharga Rp 3.000 dan yang Rp. 3.500 untuk bus Transjakarta. Jadi, penumpang tidak perlu turun ke aspal, karena feeder juga masuk ke halte busway," imbuhnya.

Rencananya, ditegaskan Pristono, pihaknya akan menambah ratusan feeder bus. Hal ini tentunya untuk memenuhi keinginan warga Jakarta.

Untuk tahap awal, ditambahkan Pristono, ketiga rute ini baru akan dilayani sebanyak 15 unit bus feeder yakni, enam bus akan melayani rute Sentra Primer Barat, empat unit bus melayani Tanahabang-Balaikota dan lima unit bus lagi melayani SCBD-Senayan. Adapun sistem pengoperasian feeder menggunakan integrasi penuh dengan bentuk rute feeder melingkar (looping) untuk memudahkan pengoperasian.

Feeder Sentra Primer Barat memiliki panjang 14,38 kilometer. Sementara feeder Tanah Abang-Balaikota memiliki panjang rute 6,5 kilometer dan feeder SCBD-Senayan memiliki panjang rute 8,23 kilometer. (nez)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails