Senin, Mei 09, 2011

Ibas dan Puan Bakal Jadi Jagoan 2014

JAKARTA, M86 - Dari sejumlah anak-anak presiden dan mantan presiden Indonesia yang terjun ke kancah politik saat ini, Edhie Baskoro Yudhoyono dan Puan Maharani dipandang sebagai nama paling berpeluang bersinar bila berani bertarung pada Pemilu 2014 mendatang.

Mereka dinilai sudah membuktikan eksistensinya dalam percaturan politik republik ini dengan meraih suara paling banyak waktu mau masuk ke DPR pada Pemilu 2009 lalu.

“Tinggal berikan kesempatan mereka ikut pemilu supaya teruji apakah masyarakat mau atau tidak mereka yang memimpin,” gambar pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Maswadi Rauf seperti dilansir dari matanews.com.

Karena itu, ia kurang sependapat dengan pandangan banyak pengamat yang menilai putra-putri presiden dan mantan presiden yang terjun ke politik tidak memiliki kharisma sebaik orang tua mereka.

Menurutnya, tak ada salahnya memunculkan deretan calon pemimpin masa depan yang telah lebih dikenal publik sebagai anak-anak presiden.

“Saya melihat nggak ada salahnya kok. Justru itu mesti kita anggap sebagai regenerasi dalam dunia politik kita, pada gilirannya memang harus ada yang melanjutkan kepemimpinan orang tua mereka,” ujar Maswadi.

Maswadi menilai, tidak ada kata terlalu ‘hijau’ atau kurang matang bagi putra-putri presiden untuk terjun ke panggung pemilu mendatang. Menurutnya, mereka telah memiliki bekal yang cukup untuk mencalonkan diri sebagai presiden, yaitu nama orang tua mereka.

“Nggak bisa sembarangan bilang yang ini terlalu muda atau yang itu tidak sekharismatik bapaknya atau ibunya. Toh memang di Indonesia ini kan kental dengan politik Bapak-isme. Suka atau tidak suka ya itu harus diakui menjadi bekal untuk bisa dipilih sebagai presiden,” terangnya.

Di antara para politisi muda, Maswadi melihat, ada beberapa putra-putri presiden yang cukup menonjol di mata publik. Di antaranya adalah Edhie Baskoro Yudhoyono dan Puan Maharani.

Dari segi popularitas, dosen Ilmu Politik FISIP UI ini menyebutkan, keduanya sudah dikenal masyarakat sebagai putra Presiden SBY dan putri mantan Presiden Megawati. Yang diperlukan hanyalah kesempatan untuk membuktikan diri.

“Ibas dan Puan itu paling punya peluang besar kalau mau terjun ke pemilu. Karena dua-duanya terbukti meraih suara paling banyak waktu mau masuk DPR kemarin kan. Nah tinggal berikan kesempatan mereka ikut pemilu supaya teruji apakah masyarakat mau mereka yang memimpin,” tukas Maswadi.

Selain Ibas dan Puan Maharani, dari trah Cendana juga ada nama Tommy Soeharto dan dari keluarga Gus Dur ada nama Yenny Wahid. Anak-anak presiden dan mantan presiden tersebut saat ini menjadi pemain aktif dalam kegiatan politik dan parpol menjelang 2014. (red/*mtn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails