Senin, Mei 30, 2011

7 Kegiatan Festival Meriahkan HUT DKI

JAKARTA, M86 - HUT ke-484 DKI Jakarta yang akan diperingati tanggal 22 Juni mendatang, dipastikan akan semakin meriah dengan tujuh kegiatan festival unggulan yang akan digelar di enam wilayah DKI Jakarta. Ketujuh festival tersebut yaitu Festival Pasar Baru di Jakarta Pusat, Festival Pesisir di Jakarta Utara, Festival Wisata Kuliner di Jakarta Timur, Festival Palang Pintu di Jakarta Selatan, Festival Bahari di Kepulauan Seribu serta Festival Betawi dan Festival Sentra Primer Barat di Jakarta Barat.

“Semua festival tersebut merupakan kreativitas masyarakat Jakarta. Memang dalam HUT ke-484 DKI, kita menggelar berbagai kegiatan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Jadi sesuai dengan temanya yaitu Jakarta Kita, Kian Ditata, Kian Dicinta. Intinya, HUT Jakarta ini diadakan bersama masyarakat dan untuk masyarakat,” kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta di Balaikota.

Untuk itu, Fauzi Bowo menegaskan perayaan yang dilakukan bukan milik Pemprov DKI saja, melainkan milik seluruh warga Jakarta. Bahkan, tepat pada 22 Juni mendatang, seluruh kecamatan dan kelurahan di Jakarta akan menggelar panggung hiburan masyarakat. Panggung hiburan ini juga digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai apa yang sudah dilakukan Pemprov DKI untuk warga selama ini.

“Dengan begitu warga Jakarta mengetahui dengan benar kinerja Pemprov DKI yang terfokus pada peningkatan kesejahteraan. Juga mengetahui program-program pembangunan yang sudah dan sedang serta akan dilakukan Pemprov DKI,” ujarnya.

Pemprov DKI juga akan membentangkan kain mengelilingi air mancur Bundaran Hotel Indonesia (HI), yang akan menampung harapan warga Jakarta atau siapa saja yang dituliskan di atas kain. Rencananya, tulisan-tulisan tersebut akan dimuat dalam jaringan sosial twitter.

Kemudian, dalam pelaksanaan Jakarta Great Sale pada 17 Juni mendatang, akan diwarnai pemasangan peraturan dilarang merokok di pusat-pusat perbelanjaan serta pemasangan kotak aspirasi masyarakat. Dalam ruangan berbentuk kotak tersebut, akan ada video untuk merekam setiap orang yang masuk kedalamnya untuk menyampaikan gagasan serta komitmen apa pun seandainya mereka menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kemudian rekaman video aspirasi itu akan ditayangkan dalam youtube.

Untuk semakin memeriahkan acara, gubernur mengungkapkan akan diadakan pertunjukan kembang api selama 30 menit di Monas pada, Rabu (22/6 ) malam. Pesta kembang api juga akan diadakan di Ancol Taman Impian pada hari yang sama. Pihak Ancol juga akan mengadakan malam muda-mudi dan menggratiskan tiket masuk ke Ancol pada 22 Juni bagi seluruh pengunjung. Lalu ada Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang merupakan pesta rakyat tahunan yang akan digelar pada 9 Juni hingga 10 Juli 2011.

Sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk membuat lingkungan ibu kota menjadi lebih baik juga akan dilakukan, salah satunya dengan membersihkan kali Ciliwung Selatan dan Kanal Banjir Timur (KBT). Melakukan penanaman 5 ribu pohon bakau di Jakarta Utara. Juga melakukan pelepasan ikan di Kepulauan Seribu. (dya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails