Rabu, Maret 03, 2010

Jalan Berlubang Marak di Kawasan Roxy

JAKARTA, MP - Sejumlah pengendara kendaraan bermotor belakangan ini terpaksa harus ekstra hati-hati jika melintas di depan Pospol Roxy menuju Grogol, karena maraknya jalan berlubang di sekitar lokasi jalan tersebut. Lebar lubang yang rata-rata mencapai 40 centimeter dan panjang 60 centimeter ini, membuat banyak pengendara motor terjatuh, terutama di saat hujan. Sebab, kedalaman lubang yang mencapai 20 centimeter itu, sering digenangi air hujan sehingga membuat lubang itu tidak terlihat dari kejauhan.

Kondisi ini semakin parah, karena di sekitar lokasi juga dipenuhi pasir sehingga banyak pengendara motor terpelanting saat mengerem laju kendaraan secara mendadak.

Dayat (35), juru parkir yang biasa mangkal di dekat Pospol Roxy mengaku, akibat kondisi jalan yang berlubang dan bergelombang membuat pengendara motor seringkali terjatuh.

"Sudah beberapa kali pengendara sepeda motor jatuh akibat kondisi jalan berlubang dan berpasir tersebut. Biasanya para pengendara kaget saat melihat lubang dan berusaha menghindar, tapi mereka justru terpeleset karena aspalnya berpasir" ujarnya.

Menurutnya, jalan itu sudah pernah ditambal, namun karena hasilnya tidak sesuai standar jalan kembali rusak dan berlubang. Bahkan, seusai pengerjaan, petugas dari instansi terkait tidak langsung membersihkan pasir yang memenuhi aspal jalan, sehingga jalan menjadi licin karena banyak pasir di sekitarnya.

"Dulu sudah pernah ditambal tapi rusak lagi, apalagi belakangan ini sering hujan membuat jalan semakin rusak karena dipenuhi genangan. Kalau pasir itu berasal dari bekas pengerjaan jalan yang tidak dibersihkan jadi sangat berbahaya bagi pengguna jalan khususnya pengendara motor" tukas Dayat.

Herman (36), salah seorang warga Tangerang yang kerap melintasi jalan itu berharap instansi terkait secepatnya mengambil tindakan untuk memperbaiki kondisi jalan tersebut. Karena, jika tidak dikhawatirkan akan lebih banyak pengendara yang jatuh. "Kalau bisa cepat ditambal dan pasirnya dibersihkan, karena jika tidak pasti akan lebih banyak korban lagi," tandasnya.

Kasudin PU Jalan Jakarta Pusat Indriastuti mengatakan, pihaknya telah merencanakan untuk melakukan perbaikan dan pengaspalan ulang terhadap lubang yang berada di jalan tersebut. "Memang sudah diprogramkan untuk memperbaiki jalan rusak di kawasan itu" katanya.

Dirinya mengakui, belum diperbaikinya kerusakan jalan karena cuaca buruk belakangan ini sehingga menyulitkan petugas melakukan upaya perbaikan. "Jika cuaca sudah bagus maka akan segera ditindaklanjuti" tandasnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails