Kamis, September 24, 2009

Tahun Ini Ada Penerimaan 325.000 PNS

JAKARTA, MP - Sekretaris Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Tasdik Kinanto menyatakan, tahun ini akan ada penerimaan PNS secara nasional sebanyak 325.000 orang. Dari angka tersebut, 50.000 di antaranya dialokasikan untuk pemerintah pusat.

"Pelaksanaan penerimaan PNS sendiri diserahkan kepada instansi yang bersangkutan dengan bekerja sama dengan universitas setempat," kata Tasdik di Jakarta, Kamis (24/9).

Ditambahkan Tasdik, penerimaan pegawai diutamakan untuk posisi layanan publik, pelayanan kesehatan, dan tenaga teknis. Untuk pemerintah pusat, pengangkatan pegawai bisa dilakukan pada bulan Oktober 2009.

"Sedangkan untuk pemerintah daerah, pengangkatan baru dapat dilakukan pada bulan Januari 2010," kata Taskik.

Tunjangan Kinerja

Sementara itu, Kementerian Negara PAN menilai institusi TNI, Polri, dan Kejaksaan Agung telah berhasil melakukan reformasi birokrasi. Berkait dengan itu, ketiga institusi penegak hukum itu pada tahun 2010 akan mendapatkan tambahan tunjangan kinerja.

Menurut Tasdik, besaran penambahan tunjangan kinerja tergantung dari tingkat keberhasilan upaya reformasi dari masing-masing instansi.

"Penilaian akan dilakukan oleh Tim Independen dan diputuskan oleh Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional yang terdiri dari Menteri Keuangan, Menneg PAN, dan KPK," ujar Tasdik. (red/*wk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails