Minggu, September 20, 2009

Shalat Id di Istiqlal Dihimbau Tidak Bawa Tas

JAKARTA, MP- Pengurus (takmir) Masjid Istiqlal Jakarta mempersiapkan pelaksanaan shalat Idul Fitri pada Minggu (20/9) yang antara lain akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pejabat tinggi negara dan perwakilan dari negara-negara sahabat.

Pada Sabtu malam (19/9), petugas masjid membersihkan masjid dan mengepel beberapa bagian lantai masjid. Alat pendeteksi logam dipasang di depan pintu masuk utama masjid.

"Sterilisasi tentu dilakukan karena Presiden akan datang, itu tanggung jawab aparat yang berwenang. Pengamanan akan dilakukan oleh personel TNI, Polri dan Paspampres. Jumlahnya saya tidak bisa sebut karena itu bukan otoritas saya," kata staf Humas Masjid Istiqlal M Faiz Fayadl.

Ia menambahkan, shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal rencananya dimulai pukul 07:00 WIB dan Presiden bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono dijadwalkan tiba di ruang utama masjid pukul 06:45 WIB.

Selain Presiden, lanjut dia, Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama isteri, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo bersama isteri, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Duta Besar dan perwakilan negara sahabat, dan pimpinan lembaga negara juga akan melakukan shalat Idul Fitri di masjid terbesar di Asia Tenggara yang dibangun tahun 1961 tersebut.

Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, menurut Faiz, rencananya besok akan diimami oleh Haji Hasanuddin Sinaga, imam masjid Istiqlal sementara khatibnya Prof. H Muhammad Ali, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama.

Diimbau Tak Bawa Tas

Faiz mengimbau jemaah yang hendak mengikuti shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal tidak membawa tas dan banyak bawaan supaya tidak menghambat pemeriksaan.

"Kalau pun membawa tas dan barang-barang, sebaiknya disimpan di mobil saja supaya pemeriksaan berjalan cepat, karena akan banyak sekali orang yang diperiksa," katanya.

Ia menambahkan, masjid yang dirancang oleh Frederich Silaban itu berkapasitas sekitar 135 ribu orang namun pada saat shalat Idul Fitri jumlah orang yang datang ke masjid bisa mencapai 200 ribu-an. (red/cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails