Jumat, Agustus 21, 2009

Pengemudi Angkutan Lebaran Harus Tes Urin

JAKARTA, MP - Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerjasama dengan Polda Metro Jaya dan Badan Narkotik Nasional (BNN) akan memeriksa urin setiap pengemudi angkutan lebaran di lima wilayah DKI Jakarta.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Riza Hasyim, Jumat (21/8) mengatakan, setiap pengemudi dan kendaraannya akan diperiksa sebelum meninggalkan terminal.
"Kita akan tes urin kepada semua pengemudi angkutan lebaran, guna menjaga penumpang tetap aman dan nyaman,"ujarnya di Jakarta, Jumat (21/8)

Ratusan petugas Dishub, lanjut Riza, nantinya akan disebar ke lima wilayah. Mereka akan melakukan pemantauan di sejumlah terminal terhadap angkutan mudik yang akan keluar terminal.

"Pemeriksaan tidak hanya menyangkut kondisi kendaraan, tetapi juga kondisi pengemudinya. Nantinya, bersama BNN akan ada pemeriksaan urin terhadap awak bus AKAP," lanjut Riza.

Untuk kesiapsiagaan, sebanyak 600 personil aparat Dishub diterjunkan di lima wilayah kota Jakarta. Mereka akan melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan dan kesehatan para pegemudi.

"Ini dijadikan prioritas, sama seperti pada tahun sebelumnya. Tes urine terhadap sopir angkutan akan kita lakukan untuk menjamin keselamatan penumpang," tegas Reza.
Untuk mengantisipasi lonjakan calon penumpang sendiri, Riza menegaskan, kemungkinan tahun ini tidak akan ada terminal bayangan. Karena kondisi terminal yang tersedia saat ini sudah mampu memberikan pelayanan kepada calon penumpang.

Sedangkan penentuan tarif angkutan belum bisa dipastikan lantaran masih menunggu keputusan dari Menteri Perhubungan. "Kemungkinan soal tarif baru diketahui dua pekan mendatang," katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Penertiban Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta, Arifin Hamonangan, menandaskan, pada arus mudik tahun 2008 pihaknya telah menertibkan sebanyak 20 angkutan bus AKAP yang tidak laik jalan.

"Umumnya bus retak kaca depan, bodi kropos, ban gundul, kopling dan mesin yang tak bagus," katanya.
Lanjut Arifin, tahun lalu tidak ada pengemudi mabuk setelah dites urin hasilnya negatif. "Mudah-mudahan tahun ini pengemudi maupun angkutan lebaran lebih baik dari tahun kemarin," ujarnya. (cok/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails