Selasa, Agustus 25, 2009

Pemkot Jakpus Musnahkan 400 Ayam Tiren

JAKARTA, MP - Dari hasil razia yang dilakukan di 16 tempat penampungan ayam (TPA), Sudin Peternakan dan Perikanakan Jakarta Pusat berhasil mendapatkan 400 ayam tiren (mati kemarin).

Bangkai daging ayam tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dibakar dalam incenerator milik Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat.

"Ayam-ayam tiren itu bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan sesaat," ujar Kasi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat, Djaelani, Selasa (25/8).

Pada umumnya, ayam tiren itu mati karena dalam perjalanan, bukan karena sakit. Sebab, ayam-ayam tersebut didatangkan dari luar DKI Jakarta, seperti Banten, Tangerang, dan sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Meski sudah dilakukan operasi secara rutin, namun Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakpus tidak bisa memastikan wilayah Jakpus bebas ayam tiren. Sebab, ayam tiren yang dijual eceran atau sudah dalam bentuk daging potongan sulit terdeteksi.

Karena itu, kat Djaelani, masyarakat diminta terus berhati-hati dan mampu mengenali ciri-ciri daging ayam tiren, yakni dagingnya berwarna pucat dan beraroma agak amis, serta terdapat bercak-bercak darah di bagian kepala dan leher. Selain itu, biasanya ditawarkan dengan harga yang relatif murah.

Sedangkan, daging ayam yang bagus (bukan tiren) ciri-cirinya, antara lain tidak bau, berwarna putih bersih dan segar, serta tidak terdapat bercak-bercak darah.

"Masyarakat harus jeli dan tidak mudah terpedaya dengan harga daging ayam yang murah. Sebab, sangat dimungkinkan daging itu berasal dari ayam yang tidak sehat," tandas Djaelani.

Walikota Jakarta Pusat, Sylviana Murni, menegaskan, Pemkot Jakpus akan terus meningkatkan pengawasan peredaran daging ayam tiren, daging gelonggongan, serta daging oplosan di wilayah Jakarta Pusat.

"Pengawasan akan terus dilakukan. Kegiatan ini untuk melindungi warga dari makanan yang tidak laik konsumsi," ujar Sylviana. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails