Jumat, Agustus 21, 2009

Antisipasi Masuknya Petasan, Satpol PP Disiagakan

JAKARTA, MP - Untuk mengantisipasi maraknya peredaran petasan selama bulan Ramadhan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta akan menerjunkan 3.500 personel untuk melakukan razia petasan di sejumlah stasiun dan terminal. Sehingga, pasokan petasan yang berasal dari daerah ke Jakarta bisa dicegah.

Upaya ini dilakukan untuk menjaga ketenangan umat muslim di DKI Jakarta selama menjalankan ibadah puasa hingga merayakan Hari Raya Idul Fitri 1430 hijriah. Disamping itu, juga untuk mengantisipasi jatuhnya korban luka-luka karena terkena ledakan.

"Karena itu, kita telah menerima perintah untuk menertibkan pedagang dan pemasok petasan," kata Harianto Badjoeri, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, di Balaikota, Jumat (21/8).

Razia petasan tersebut nantinya akan dilakukan di sejumlah titik, diantaranya Stasiun Pasar Senen, Terminal Senen, Pasar Pagi Asemka, Pasar Mangga Dua, dan di sejumlah titik perbatasan Jakarta-Tangerang.

"Jika ketahuan membawa petasan dalam jumlah sedikit, maka petasan tersebut akan disita dan identitas orang tersebut akan didata. Jika dalam jumlah banyak, selain disita dan didata, orangnya akan diserahkan ke aparat kepolisian untuk diproses lebih lanjut," kata Badjoeri.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Muhayat menegaskan, Pemprov DKI melarang warganya menyalakan petasan selama bulan Ramadhan, malam Takbiran, dan lebaran. Pengawasan pelarangan ini diserahkan kepada walikota di wilayah masing-masing. Jika ada warga yang melanggar, pemerintah kota administrasi berhak memberikan sanksi, minimal dengan menyita barang bukti.

"Semua razia petasan dilakukan walikota. Saya sudah menginstruksikan agar dilakukan razia petasan," kata Muhayat usai sholat Jumat di Balaikota.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mulai menyisir pedagang petasan di 10 kecamatan, Rabu (19/8). Kegiatan ini dikoordinasikan dengan jajaran kepolisian di masing-masing kecamatan. Namun, belum membuahkan hasil maksimal. (cok/bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails