Sabtu, Juni 11, 2011

Bus Gratis ke PRJ Diminati Pengunjung

JAKARTA, M86 - Untuk memudahkan para pengunjung mendatangi arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat, pihak pengelola Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2011 menyediakan bus khusus yang akan mengantarkan para pengunjung sampai tepat di depan pintu masuk PRJ. Keberadaan bus berkapasitas 60 penumpang ini sangat disukai para pengunjung. Sebab, dengan menggunakan bus khusus ini, para pengunjung tentu tak perlu bingung lagi untuk memilih transportasi yang akan digunakan agar bisa sampai di arena PRJ.

Adit (28), salah seorang penumpang bus khusus ini mengatakan, keberadaan bus ini sangat membantu warga yang akan mengunjungi PRJ. Terlebih, pengelola menggratiskan bus ini kepada para penumpang. “Kalau naik bus ini bisa langsung sampai di depan pintu masuk PRJ. Tentunya sangat membantu warga,” ujar Adit, warga Slipi, Palmerah, Jakarta Barat kepada beritajakarta.com, saat dtemui di Shelter Bus PRJ di kawasan Eks IRTI, Monas, Minggu (12/6)

Dengan tersedianya bus gratis ke PRJ, dikatakannya, hal ini mengajarkan masyarakat, khususnya warga Jakarta untuk lebih memilih menggunakan angkutan umum ketimbang harus menggunakan kendaraan pribadi. “Jelas ini mengajarkan kepada kita agar lebih menggunakan angkutan umum ketimbang harus menggunakan kendaraan pribadi,” katanya.

Namun, ia menyayangkan karena shelter yang disediakan hanya di satu lokasi saja yakni, kawasan IRTI Monas. Ia menyarankan, sebaiknya di setiap wilayah kota bisa disediakan shelter bus gratis ke PRJ. "Lebih bagus tiap wilayah ada, jadi nggak cuma satu spot saja," paparnya.

Transportasi yang menyerupai Bus Transjakarta ini beroperasi setiap hari selama digelarnya PRJ, mulai 9 Juni hingga 10 Juli mendtang. Setiap hari kerja, bus yang dioperasikan sebanyak 2 unit dan beroperasi dari pukul 15.00-23.00. Sementara pada akhir pekan dan hari libur bus dioperasikan 4 unit dan beroperasi dari pukul 09.00-23.00. “Kalau hari libur, bus bisa sampai tujuh rit mengangkut penumpang ke PRJ,” kata Noval, salah seorang petugas bus gratis PRJ.

Bus gratis ini, hanya menaikan dan menurunkan penumpang di Monas dan lokasi Jakarta Fair saja. Penumpang tidak bisa naik dan turun sembarangan di tengah jalan. Perjalanan dari Monas hingga PRJ membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Menutut Noval, tidak ada batasan penumpang ayang akan naik bus gratis ini. Namun petugas tetap melihat keramaian penumpang yang akan naik. Jika sudah mulai ramai, petugas akan memberikan karcis kepada calon penumpang. "Ramainya di atas jam tiga. Biasanya kita berikan karcis," tandasnya. (nez)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails