Jumat, November 05, 2010

Proyek Pemasangan Pompa Air Diprotes Warga

JAKARTA, MP - Sejumlah warga Jl Kramat Jaya RT 14/1, Joharbaru, Jakarta Pusat menolak proyek pemasangan pompa air milik Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Air setempat. Warga mengaku kesal lantaran tidak pernah diberi tahu rencana proyek pembangunan tersebut.

Ketua RW 01, Amanullah mengatakan, proyek pengerjaan pompa air ditandai dengan didirikannya bedeng sekitar 15 hari yang lalu. “Warga menolak pembangunan pompa air itu, karena tidak ada sosialisasi dari pihak Sudin PU Tata Air. Selain itu, warga khawatir adanya pompa air justru membuat wilayah mereka tergenang. Karena informasi yang didapat warga, pompa air akan menyedot genangan di RW 4,6,7,8, dan 11 dan ditampung di pompa air di RW 01,” kata Amanaullah, Jumat (5/11).

Dikatakan Amanullah, warga sebenarnya telah melakukan pertemuan dengan Lurah Joharbaru, Nurhelmi Safitri. Namun hingga kini belum ada kesepakatan. “Semalam ada pertemuan warga dengan Lurah Joharbaru, Nurhelmi Safitri. Tetapi warga tetap menolak pembangunan itu, karena kebanyakan meminta penjelasan langsung dari Sudin PU Tata Air Jakarta Pusat. Penolakan warga ditandai dengan pengumpulan 50 tanda tangan warga yang menolak pembangunan pompa air tersebut,” ujarnya.

Kepala Sudin PU Tata Air Jakarta Pusat, Agus Priyono membantah pompa air yang dibangun pihaknya akan memindahkan genangan air ke RW 01. Justru, pompa itu untuk mengatasi genangan di wilayah tersebut termasuk RW 06, 07 dan 08. Setiap pompa mampu menyedot air sebanyak 500 liter per detik. Sedangkan penampungan air berada di bawah pompa yang nantinya akan dialirkan ke Kali Sentiong. Di sekitar pompa air juga akan dibuat tanggul dan mini folder sehingga air yang disedot tidak akan membuat genangan baru di RW 01.

“Jika warga RW 01 tetap menolak kami akan memindahkan pompa air itu di wilayah RW 08. Pompa air itu justru permintaan warga melalui musyawarah perencanaan pembangunan. Oleh karena itu proyek harus tetap berjalan demi mengatasi banjir di pemukiman warga,” tandasnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails