Senin, November 15, 2010

Parkir 'On the street' Harmoni Dihapus

JAKARTA, MP - Untuk meminimalisir kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Harmoni, Pemprov DKI Jakarta akan menghapus dua lokasi parkir tepi jalan (on street) yang berada di Jl Gajahmada dan Jl Hayam Wuruk. Nantinya, pengendara yang biasa memarkir kendaraannya di pinggir jalan akan dialihkan ke lokasi parkir dalam gedung (off street). Karena dari kajian yang dilakukan, gedung-gedung yang ada di sepanjang jalan tersebut memiliki lahan parkir yang cukup memadai.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, mengatakan, setelah didata jumlah satuan ruang parkir berdasarkan Pergub Nomor 111 tahun 2010 tentang Tempat Parkir Umum di lokasi milik Pemprov DKI yang berada di tepi jalan hanya muat 580 mobil meliputi, Jl Hayam Wuruk Jakarta Pusat kapasitas 75 mobil, Jl Hayam Wuruk Jakarta Barat kapasitas 230 mobil, Jl Gajah Mada Jakarta Pusat kapasitas 15 mobil dan Jl Gajah Mada Jakarta Barat kapasitas 260 mobil. Sehingga, jumlah total kapasitas parkir tepi jalan sepanjang Jl Hayam Wuruk dan Jl Gajah Mada hanya mencapai 580 mobil.

"Padahal, kapasitas lahan parkir dalam gedung jauh lebih besar dari jumlah tersebut. Karena lahan parkir dalam gedung di dua ruas jalan tersebut mencapai 6.233 mobil dan 4.564 motor," ujarnya, Senin (15/11).

Pihaknya melihat, untuk Jl Gajah Mada saja, setidaknya terdapat 5 lahan parkir di 5 gedung yang mampu menampung 2.771 mobil dan 2.190 sepeda motor. Gedung tersebut yakni, Gajah Mada Plaza. Kompleks Duta Merlin, Menara BTN, gedung PT Pelni dan Apartemen Mediterania.

Sedangkan, untuk Jl Hayam Wuruk, jumlah lahan parkir juga ada 5 lokasi yakni, Plaza Hayam Wuruk, Glodok Plaza, Hotel Mercure Rekso, Hotel Jayakarta dan Lindeteves Trade Centre. Dari 5 lokasi parkir ini mampu menampung 3.522 mobil dan 2.374 sepeda motor.

“Saya sudah meminta dilakukan kajian, dan hasilnya sepanjang Jl Gajah Mada dan Jl Hayam Wuruk kapasitas parkir off street jauh lebih besar dibanding on street. Kenapa tidak dihapus saja on street? Apalagi, itu memicu kemacetan,” tegasnya. (cok/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails