Kamis, Oktober 14, 2010

Turap Kali Sentiong Ambrol

JAKARTA, MP - Turap Kali Sentiong yang berada di sisi timur Kali Sentiong, Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat ambrol. Akibat peristiwa itu, arus lalu lintas di Jalan Sunter Kemayoran yang menuju Jalan Letjen Soeprapto mengalami kemacetan yang cukup panjang. Selain itu, kekhawatiran juga menyelimuti warga yang bermukim di kawasan RT 16/01, Serdang, Kemayoran. Jika tidak segera ditangani, warga khawatir turap yang ambrol semakin luas dan tentu dapat mengancam keselamatan warga.

Surahmad (42) salah seorang warga menuturkan, beberapa jam setelah ambrol, sebagian aspal Jalan Bendungan Jago rusak parah. Bahkan, sejumlah pohon dan pot tanaman hias yang ada di atas turap ikut tergerus dan hanyut ke Kali Sentiong. Dengan kondisi ini, warga pun khawatir akan terjadi longsor pada badan jalan.

Pantauan di lapangan, turap yang ambrol panjangnya sekitar 30 meter dan menggerus aspal jalan selebar kurang lebih satu meter. Tentu saja, kondisi itu menyebabkan jalan yang awalnya memiliki lebar lima meter, kini makin menyempit dan hanya dapat dilalui satu lajur.

Akibatnya, kendaraan yang melintas pun harus berhati-hati dan ekstra waspada serta melambatkan laju kendaraannya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sejumlah petugas Satpol PP terlihat melakukan pengaturan lalu lintas di kawasan tersebut.

Lurah Serdang, Mukhlis, menuturkan, ambrolnya turap di Kali Sentiong merupakan yang kedua kalinya. Kejadian sebelumnya terjadi tak jauh dari kawasan yang saat ini ambrol atau tepatnya di dekat kantor Kelurahan Serdang sepanjang 10 meter.

Wakil Camat Kemayoran, Yadi Rusmayadi, mengatakan, pihaknya telah melaporkan peristiwa ini ke instansi terkait yakni Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Pusat agar segera memperbaiki bagian turap yang ambrol tersebut. ”Kalau perbaikan hanya setengah-setengah bukan tak mungkin akan kembali ambrol. Apalagi banyak kendaraan yang melintas di kawasan itu," katanya.

Kepala Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Pusat, Agus Priyono, menjelaskan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta untuk menangani turap Kali Sentiong yang ambrol. “Kita tengah berkoordinsi dengan Dinas PU untuk perbaikan tanggul. Sebab Kali Sentiong merupakan wewenang Dinas, termasuk masalah perawatan tanggul karena Kali Sentiong merupakan kali besar yang ada di Jakarta,” kata Agus pada beritajakarta.com.

Mengingat Jalan Bendungan Jago merupakan akses jalan utama, ditambahkan Agus, perbaikan dilakukan dalam satu atau dua hari ke depan. “Perbaikan segera dilakukan sambil menunggu kebutuhan material yang diperlukan,” tandasnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails