Sabtu, Maret 13, 2010

Parkir Liar Marak di depan TPU Karet Bivak

JAKARTA, MP - Sejumlah warga RW 06, Kelurahan Karettengsin, Kecamatan Tanahabang, Jakarta Pusat, mengeluhkan dengan maraknya parkir liar di depan TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Akibat keberadaan parkir liar itu, kondisi jalan menjadi kumuh dan bau pesing, karena pemilik kendaraan sering buang air kecil sembarangan di tempat tersebut.

“Setiap hari tak kurang 7-8 truk besar parkir di situ. Sopirnya juga suka buang air di sembarang tempat, sehingga timbul bau yang tidak sedap,” ujar Syamsinur (51), salah seorang warga, Sabtu (13/3).

Menurutnya, yang membuat warga terganggu truk-truk itu sejak dua tahun terakhir menggunakan badan jalan di depan TPU Karet Bivak sebagai lokasi parkir liar. Bahkan, lebih mengesalkan truk itu bukan milik warga sekitar, tetapi berasal dari daerah lain karena plat nomornya pun berasal dari daerah luar Jakarta. “Warga banyak yang mengeluhkan dan sejauh ini sudah dilaporkan ke kelurahan,” terang, Syamsinur.

Keluhan serupa diungkapkan Amirullah, yang menengarai keberadaan parkir liar itu karena ada beberapa pihak yang mengambil keuntungan dari keberadaan truk-truk tersebut. “Keberadaan mereka terkesan dibiarkan, diduga ada oknum yang memanfaatkannya. Tidak mungkin pengemudi bisa parkir di situ jika tidak ada jaminannya” ungkapnya.

Lurah Karettengsin Maskur mengakui, adanya pengaduan warga terhadap keberadaan truk tersebut. Pihaknya juga sudah beberapa kali bermaksud menegur pemilik truk, tetapi pemilik truk tidak bisa ditemui di lokasi parkir tersebut.

“Kami sudah beberapa kali mendatangani kawasan tersebut, tapi pengemudi selalu tidak ada di tempat untuk diberi peringatan. Truk-truk itu diketahui milik perusahaan ekspedisi yang membawa muatan dari Sumatera ke Pasar Tanahabang, Biasanya para pengemudi berada di situ hingga seminggu, karena menunggu muatan untuk diangkut kembali ke daerahnya,” ucapnya.

Namun, pihaknya berjanji akan melakukan kordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi permasalahan parkir liar tersebut. Pihaknya juga akan mencari informasi, terhadap keberadaan oknum yang memperbolehkan para pengemudi parkir depan TPU Karet Bivak. “Untuk masalah ini kita akan bekerjasama dengan Satpol PP Jakpus. Dalam waktu dekat kita akan tertibkan semua truk, jika mereka tidak mau diberi tahu secara baik-baik truknya akan kita derek paksa,” tandasnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails