Jumat, Maret 12, 2010

Kerugian Kebakaran Pasar Senen Rp 8,5 Miliar

JAKARTA, MP - Kebakaran yang melanda Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (11/3) pukul 03.00 dini hari mengakibatkan 250 kios pedagang resmi dan 80 lapak pedagang kaki lima ludes terbakar. Bahkan kerugian materi akibat peristiwa tersebut diperkirakan mencapai Rp 8,5 miliar, terdiri dari bangunan fisik sebesar Rp 3,5 miliar dan barang milik pedagang Rp 5 miliar.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis, mengatakan, sejauh ini belum ada keputusan untuk merelokasi pedagang korban kebakaran. Sebab PD Pasar Jaya bersama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta masih membersihkan puing-puing bangunan dan barang-barang sisa kebakaran.

Jika semua itu sudah beres, barulah PD Pasar Jaya membahas beberapa alternatif solusinya. Diantaranya apakah para pedagang korban kebakaran akan direlokasi ke pasar tradisional terdekat. Alternatif lainnya, bangunan pasar yang sudah berumur 30 tahun itu dirobohkan untuk dibangun gedung baru dengan ketahanan fisik yang lebih tinggi. Namun selama masih dibahas, pedagang korban kebakaran diperbolehkan berjualan di lokasi kios dan lapak yang terbakar.

Diakuinya, sejak tahun 2004, Pasar Senen direncanakan akan dirubuhkan dan diganti dengan bangunan baru. Rehab total pasar ini dikarenakan usia bangunannya sudah tua dan rawan kecelakaan. Namun, baru 70 persen pedagang yang setuju terhadap rencana itu. “Kita akan menunggu perkembangan selanjutnya,” ujar Djangga Lubis, di Balaikota, Kamis (11/3).

Djangga menyebutkan, kebakaran tersebut bukan karena korsleting listrik yang berasal dari ruko-ruko, akan tetapi berasal dari PKL yang berada di luar ruko. Namun kasus ini masih diselidiki oleh polisi. Sehingga garis polisi pun masih dibentangkan di TKP.

Kebakaran ini sempat menimbulkan dugaan adanya unsur sabotase. Agar isu itu tidak berkembang meluas, PD Pasar Jaya mengumpulkan para pedagang untuk diberikan keterangan dan informasi yang sebenarnya. Sehingga tidak terjadi saling tuding dan curiga di antara pedagang. “Jangan sampai mereka berpikir, pasar sengaja dibakar karena akan ada proyek baru di atas lahan tersebut,” tegasnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails