Minggu, Maret 07, 2010

Aspal di Jl Inspeksi Kenari Amblas

JAKARTA, MP - Seringya genangan air di Jl Inspeksi RT 07/05, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, mengakibatkan aspal jalan yang bersebelahan dengan RSCM itu amblas. Sebelumnya, aspal jalan yang amblas sepanjang 80 meter dari total panjang jalan di sekitar lokasi yang mencapai 160 meter, hanya mengalami retak-retak saja. Diduga amblasnya aspal jalan terjadi hari Senin (1/3) lalu, saat Jakarta dilanda angin kencang dan hujan deras, sehingga mengakibatkan jalan itu amblas dengan kedalaman hingga 50 centimeter.

Akibat kerusakan itu, praktis hanya pejalan kaki dan kendaraan roda dua saja yang bisa melalui jalan tersebut. Itu pun pengendara hanya bisa melintasi bagian pinggir aspal jalan yang kondisinya masih normal. Sedangkan, untuk kendaraan roda empat tidak bisa melintasi jalan itu, karena jika memaksakan diri dikhawatirkan akan terguling.

Warga berharap agar dilakukan perbaikan secepatnya,karena jalan itu sangat strategis dan menjadi penghubung Jl Diponegoro dan Jl Kimia menuju RSCM. Di samping itu, warga juga khawatir jatuhnya korban, jika kerusakan aspal jalan itu dibiarkan terlalu lama tanpa perbaikan.

"Sampai saat ini masih rusak dan malah tambah parah, petugas yang katanya dari Sudin PU Jalan Jakarta Pusat dan Kelurahan Kenari sudah beberapa kali datang. Terakhir, Kamis (4/1) juga sudah melakukan pengecekan, tapi belum ada tindakan" ujar M Oyoh (65), salah seorang warga RT 07/05, Minggu (7/3).

Oyoh menuturkan, sebelum amblas kondisi aspal terlihat sudah retak dan menganga lebar. Mengetahui kondisi jalan kian rusak, warga lalu melaporkannya ke Kelurahan Kenari. Laporan itu ditindaklanjuti kepada Suku Dinas PU Jalan Jakarta Pusat yang ditanggapi dengan pemeriksaan langsung ke lokasi kerusakan tersebut.

Lurah Kenari Prasetyo Kurniawan membenarkan, jika pihaknya telah melaporkan secara tertulis rusaknya jalan itu ke instansi terkait di Kecamatan Senen dan Sudin PU Jalan Jakarta Pusat. Namun, pihaknya tidak mengetahui pasti kapan pelaksanaan perbaikan jalan bisa dilakukan.

"Dari kemarin kita sudah cek beberapa kali, tapi belum tahu tindak lanjutnya kapan," katanya.

Kasudin PU Jalan Jakarta Pusat Indriastuti mengungkapkan, rencananya perbaikan akan dilakukan oleh pihaknya dalam minggu ini. Namun, sebelum melakukan perbaikan jalan, pihaknya harus terlebih dahulu memperbaiki turap jalannya dahulu, baru kemudian ruas jalannya. Karena jika turapnya tidak diaspal, aspal jalan dikhawatirkan akan turun lagi.

"Turapnya dulu yang kita perbaiki, agar jalannya tidak turun lagi," tandasnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails