Rabu, Juli 15, 2009

Pameran Flona Dibuka 17 Juli

JAKARTA, MP - Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta akan menggelar pameran flora dan fauna (flona) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kegiatan yang berlangsung 17 Juli hingga 20 Agustus mendatang itu untuk mengumpulkan para pecinta tanaman serta hewan peliharaan.

Kabid Taman Kota Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Dwi Bintarto, mengatakan, pameran yang digelar di Lapangan Banteng itu akan berlangsung selama 40 hari. "Minat masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan ini setiap tahunnya," ujar Dwi Bintarto Rabu (15/7).

Pameran flona ini, menurut Dwi Bintarto, merupakan barometer untuk penetapan harga dan tren tanaman untuk beberapa waktu ke depan. Dia menambahkan, dalam kegiatan tahunan ini selalu ada produk dan temuan baru jenis flora dan fauna yang menjadi tren di kalangan pecinta jenis tumbuhan maupun hewan peliharaan.

"Harga di sini jadi indikator dan patokan. Saat ini yang lagi tren sansievierra, aglonema, adenium, anthurium, serta puring," katanya. Selain itu, segala jenis bibit tanaman produktif seperti mangga, jambu, sawo, rambutan, jeruk, dan lain sebagainya juga dijajakan dengan harga murah.

Dwi menjelaskan, produk-produk yang dihadirkan dalam kegiatan ini kebanyakan produk dalam negeri yang kualitasnya sangat bagus dan sudah terbukti. Selain itu, sarana dan prasarana kebutuhan flora dan fauna seperti, pupuk, pot bunga, obat-obatan tanaman maupun hewan dan kelengkapannya juga dihadirkan pada kegiatan ini. "Diharapkan penggemar dan pecinta tanaman maupun hewan peliharaan dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ery Basworo, menambahkan pameran flona merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka memperingati HUT ke-482 kota Jakarta. "Rata-rata setiap hari ada 1500-an pengunjung," ujarnya.

Karena harga-harga yang ditawarkan cukup murah, Ery mengharapkan pengunjung tak hanya wisatawan lokal saja, tapi juga wisatawan mancanegara yang merupakan pecinta tanaman seperti dari Thailand, Malaysia, Jepang, dan Singapura yang juga dikenal sebagai penghasil tanaman hias. (mp/*b)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails