Kamis, Juli 30, 2009

Apartemen dan Rumah Kos Target Operasi Yustisi

JAKARTA, MP - Apartemen dan rumah kos menjadi target Operasi Yustisi Kependudukan (OYK) sebagai bagian dari antisipasi menjaga keamanan pascaledakan bom di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton.

Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni, mengatakan, selain sebagai antisipasi pengamanan pasca ledakan bom di dua hotel, OYK juga untuk mengantisipasi penduduk gelap menjelang puasa dan lebaran.

"Pelaksanaan ini guna memeriksa status kependudukan warga yang bermukim di Ibukota. Keberadaan warga harus mengikuti administrasi kependudukan yang berlaku, mulai dari laporan ke rukun tetangga hingga kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP)," ujarnya.

Sylviana melanjutkan, target dalam operasi yustisi terhadap para pendatang, artinya pendatang yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak punya jaminan tempat tinggal akan ditindak, bila perlu akan dipulangkan ke kampung halamannya.

Penetapan jadwal operasi yustisi masih dirahasiakan selain karena petugas pengadilan padat. "Kita masih koordinasi dengan hakim, karena pelaksanaan nanti harus digelar sidang ditempat. Kita akan melaksanakan secara merata di seluruh lapisan masyarakat di wilayah Jakarta Pusat," katanya.

Suku Dinas Kependudukan Jakarta Pusat, M. Hatta mengatakan, berdasarkan pantauan, terdapat banyak pendatang baru yang tinggal dirumah kos dan rumah susun.

Sedangkan pendatang baru di apartemen sulit dipantau. Pasalnya, sering kali pengelola apartemen itu sendiri tidak melaporkannya ke pihaknya, ujarnya.

"Seharusnya pihak pengelola apartemen melaporkan untuk didata bila ada pendatang baru yang menetap di apartemen," ujar Hatta.

Hatta menambahkan, pihaknya jangan sampai kecolongan karena diperkirakan terdapat tiga ribu pendatang akan menyerbu Jakarta.

"Untuk operasi yustisi sendiri akan koordinasi dengan Sudin Perumahan dan Satpol PP Jakarta Pusat," katanya.

Titik-titik wilayah yang akan diserbu pendatang baru di antaranya di perumahan padat penduduk seperti kawasan Tanah Abang, Kemayoran, Senen dan Johar Baru. (red/*a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails